Hadapi Era Global, UPN Siapkan SDM Trengginas

  • Senin 14 Agustus 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1310
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Mahasiswa UPN “Veteran” Bersatu padu bernaung di bawah panji 

Junjung tinggi sumpah mulia patuh setia pada Negara

Semangat tetap menyala, berjuang gigih demi cita

Menunaikan bakti Negara Bagi Nusa dan Bangsa

SLEMAN – Pagi (14/8/2017) ini lirik Mars UPN “Veteran” menggema di Auditorium WR Supratman. Lagu wajib civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) digaungkan dengan semangat oleh Paduan Suara Mahasiswa Paradiso saat pembukaan Sidang Terbuka Senat dalam rangka penerimaan mahasiswa baru.

Lirik cinta tanah air dan berbakti pada negara menguatkan komitmen UPNVY menjadi kampus bela Negara. Kini setelah penegerian UPNVY sejak tahun 2014, komitmen tersebut masih menggelora.

Rektor UPNVY, Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M.Sc., pada era globalisasi tantangan bagi dunia pendidikan semakin meningkat. Dalam hal ini, pendidikan tinggi diharapkan dapat  menghasilkan modal sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing secara global.

“Untuk itu, UPN Yogyakarta akan menyiapkan modal insani yang tidak hanya sekadar sumberdaya, tetapi merupakan investasi insani yang tanggap, tanggon, tangguh, dan trengginas dengan dilandasi jiwa disiplin, kejuangan, dan kreativitas dalam menghadapi persaingan global,” ujar Guru Besar Fakultas Teknologi Mineral tersebut.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan pada saat ini UPNVY diberikan amanah mendidik lebih dari 14 ribu mahasiswa yang berasal dari 26 program studi. Sekitar 1.090 diantaranya merupakan peserta beasiswa bidikmisi.

Pada penerimaan mahasiswa baru TA 2017/2018 ini, jumlah peserta beasiswa Program Bidikmisi sebanyak 263 mahasiswa, yaitu 145 mahasiswa berasal dari jalur SNMPTN dan 118 dari jalur SBMPTN.

“Kepada seluruh mahasiswa baru TA 2017/2018 diharapkan dapat mengikuti langkah para Senior Saudara dalam berprestasi, baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional,” tutur Rektor di depan 2.342 mahasiswa baru.

Kepada mahasiswa baru, Rektor berpesan untuk bersiap diri dalam mengikuti proses pembelajaran  dengan baik. Selain itu ia mengajak mahasiswa untuk bergabung dengan 52 Organisasi Kemahasiswaan dalam mengembangkan sosialisasi dan kemampuan berorganisasi. Dengan berorganisasi diharapkan dapat  meningkatkan softskill dalam  meningkatkan pola pikir, tindakan, dan prestasi.

“Empat tahun lagi bahkan  kurang  Saudara dapat bertemu kembali di tempat ini untuk mengikuti wisuda,” ujarnya menutup sambutan yang diiringi tepuk tangan para mahasiswa. (wwj/humas)