HI UPN VETERAN YOGYAKARTA BERSINERGI BERSAMA UNISZA MALAYSIA TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN INTERNASIONAL

  • Senin 20 Mei 2024 , 12:32
  • Oleh : Dewi
  • 893
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK — Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK) menerima kunjungan dari Assoc. Prof. Dr. Suyatno Ladiqi bersama rombongan mahasiswa dari University Sultan Zainal Abidin (UNISZA), Malaysia. Kunjungan ini berlangsung pada Jumat, 17 Mei 2024, di Kampus Babarsari UPNYK.

Kegiatan dimulai dengan penyambutan oleh kepala Jurusan Hubungan Internasional UPNYK, Aryanta Nugraha, S.IP., M.Si., MA, Ph.D., yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan antar mahasiswa dari kedua universitas bertempat di Laboratorium Public Relations FISIP. Acara ini bertujuan untuk berbagi pengalaman seperti akademi dan budaya antar Mahasiwa UPNYK  dan UNISZA.

Pada kesempatan yang sama, Assoc. Prof. Dr. Suyatno Ladiqi memberikan kuliah umum Politik Internasional mengangkat tema "Transnational Organized Crime in International Politics". Kuliah ini diadakan di Laboratorium Organisasi Internasional, Kampus Babarsari UPNYK, dan dihadiri oleh mahasiswa serta dosen dari jurusan Hubungan Internasional. Dalam kuliah umumnya, Assoc. Prof. Suyatno menjelaskan tentang berbagai bentuk kejahatan transnasional terorganisir yang mempengaruhi politik internasional, termasuk dampaknya pada keamanan  nasional dan hubungan diplomatik antar negara khususnya di Asia Tenggara.

Selain menghadiri kuliah umum dan sharring session antar mahasiswa, para mahasiswa UNISZA juga melakukan tur kampus. Hazirah, salah satu mahasiswa UNISZA dari jurusan Hubungan Antarbangsa, berbagi pengalamannya selama menjelajahi Kampus Babarsari UPNYK. "Kesan pertama saya, kampus ini nampak lain daripada universitas lain dan tampak kaya akan sejarah," kata Hazirah. Ia juga menceritakan  kegiatan yang paling menarik baginya selama tur kampus seperti kunjungan ke Laboratorium Diplomasi dan Laboratorium Antarbudaya milik Jurusan Hubungan Internasional.  "Orang-orang di sini sangat ramah, dan itu membuat pengalaman interaksi saya menjadi sangat menyenangkan," tambahnya .  Sebagai pesan penutup, Hazirah menyampaikan harapannya untuk UPNYK, ia berharap  semoga UPNYK terus sukses dan teman teman mahasiswa dapat terus menjaga persatuan yang erat.

Dalam kesempatan ini pula, Kepala Jurusan Hubungan Internasional UPNYK, Aryanta Nugraha, S.IP., M.Si., MA, Ph.D.,  memberikan pendapatnya mengenai kunjungan ini. "Dalam rangka internasionalisasi, tujuan kami adalah agar mahasiswa mendapatkan perspektif dan informasi berbeda sehingga mereka bisa belajar dari berbagai sudut pandang, terutama dalam konteks politik internasional," ujar Aryanta.

Mengenai materi yang disampaikan, Aryanta mengatakan, "Saya kira mahasiswa menikmati materi karena ada banyak informasi dan cerita, terutama berkaitan dengan kasus perbatasan Malaysia-Thailand yang tidak bisa dipelajari dari tempat lain karena berkaitan dengan pengalaman personal dan konteks lokal Malaysia." Di sisi lain, Aryanta juga mencatat bahwa mahasiswa dari kedua belah pihak sangat menikmati baik dalam menciptakan suasan keakraban selama sesi sharring session dan kuliah umum yang mana kedua pihak terlihat hingga bermain bersama saat waktu istirahat.

Melalui kunjungan ini pula prospek kerja sama antara UPNYK dan UNISZA  terlihat menjanjikan. "Salah satu hal yang akan segera dilaksanakan adalah pengiriman mahasiswa dari HI UPN, sekitar empat orang, untuk belajar selama satu semester di UNISZA," jelas Aryanta. Selain itu, ada rencana untuk pengiriman dosen serta kemungkinan penelitian bersama. Kerja sama ini tidak terbatas pada jurusan Hubungan Internasional saja, karena MoU dengan UNISA berada di level universitas, sehingga seluruh program studi di UPNYK sebenarnya dapat bekerja sama dengan UNISZA.

Di masa mendatang, Jurusan Hubungan Internasional  berencana untuk melanjutkan dan mengembangkan kerja sama yang sudah terjalin baik dengan UNISZA maupun dengan mitra internasional lainnya "Kami akan terus mengembangkan kerja sama ini dan juga mencoba memperluas dengan mitra lain," pungkas Aryanta.

Kegiatan visitasi ini diakhiri dengan foto bersama dan makan siang bersama yang nampak dinikmati kedua pihak diselingi berbagi canda dan cerita. Kunjungan dari University Sultan Zainal Abidin diharapkan menjadi awal dari kerjasama lebih lanjut dalam bidang penelitian dan program pertukaran mahasiswa. Dengan adanya kegiatan seperti ini, HI UPNYK terus menunjukkan komitmennya dalam memperluas wawasan global dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui kolaborasi internasional.

devindraghiffary©