Kenang Para Pejuang, UPN "Veteran" Yogyakarta Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional

  • Senin 20 Mei 2024 , 04:35
  • Oleh : Dewi
  • 994
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

 INFOUPNYK  – Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menggelar upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di lapangan selatan Rektorat pada Senin, 20/05/24. Upacara tersebut dihadiri oleh sivitas akademika UPN "Veteran" Yogyakarta. Rektor UPNYK, Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.Si., bertindak sebagai pemimpin upacara dan menyampaikan amanat pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi.

Amanat tersebut mengusung tema "Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas."  Dijelaskan bahwa kita saat ini berada dalam fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipelopori oleh Boedi Oetomo pada tahun 1908. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru yang harus kita manfaatkan untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045.  Melalui hal tersebut seluruh lapisan masyarakat diajak merenungi gagasan awal pendirian Indonesia yang telah ditanamkan oleh Boedi Oetomo. Organisasi ini dianggap sebagai motor penggerak gerakan kemerdekaan yang pada akhirnya membawa bangsa Indonesia kepada proklamasi kemerdekaan, juga menyoroti pentingnya pendidikan sebagai alat pembebasan, dengan R.A. Kartini dijadikan contoh atas perjuangannya dalam memajukan pendidikan bagi rakyat Indonesia, yang menjadi cikal bakal semangat kebangkitan nasional.

Perkembangan teknologi yang pesat menjadi faktor penting dalam kemajuan Indonesia, menekankan bahwa penguasaan teknologi adalah kunci untuk menyongsong era Indonesia Emas. Digitalisasi dan inovasi teknologi dapat membuka banyak peluang untuk mengatasi berbagai masalah sosial dan ekonomi. Indonesia saat ini memiliki bonus demografi dengan 60% penduduk berada dalam usia produktif yang mana pentingnya memanfaatkan potensi ini dengan bijaksana untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi. Transformasi digital disebutkan sebagai salah satu kunci untuk meningkatkan produktivitas dan menciptakan lapangan kerja baru. Tingkat penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 79,5% dari total populasi menjadi landasan kuat untuk mempercepat transformasi digital. Melalui hal hal tersebut seluruh komponen bangsa haruslah menyambut masa depan dengan optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Semua potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan transformasi digital harus dimanfaatkan sebagai modal dasar menuju Indonesia Emas 2045.

Rektor UPNVY, Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.Si., dalam sambutannya, mengajak seluruh sivitas akademika untuk menjadikan semangat Hari Kebangkitan Nasional sebagai inspirasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Irhas juga menekankan pentingnya inovasi dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan zaman demi mewujudkan cita-cita besar bangsa Indonesia. Upacara ini diakhiri dengan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Melalui upacara ini diharapkan semangat kebangkitan nasional dapat terus menyala di dalam diri setiap peserta upacara, membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.