MOMENTUM IDUL FITRI, HARI PENDIDIKAN, KEBANGKITAN NASIONAL, DAN LAHIRNYA PANCASILA, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA TEGUHKAN JATI DIRI SEBAGAI KAMPUS BELA NEGARA

  • 18 May 2021 , 09:19 AM
  • Oleh : Dewi
  • 1263
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN, YOGYAKARTA - Masih dalam suasana lebaran, keluarga besar civitas akademika Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) melaksanakan kegiatan Halal Bi Halal secara virtual, Senin (17/5/2021).

 

Dalam kesempatan itu, Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si. selaku Rektor UPNVY mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi. Selamat merayakan hari kemenangan, setelah selama 30 hari berpuasa di Bulan Ramadan melebur dosa dengan menahan haus dan lapar.

 

Dan, teriring pula, dengan segala kerendahan hati, Rektor menghaturkan Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga segenap civitas akademika UPNVY bisa menjadi manusia yang suci dari dosa dan kembali kepada fitrahnya di Hari Raya Idul Fitri ini.

 

Rektor menuturkan, ini merupakan tahun kedua acara silaturahmi di lingkungan UPNVY dilaksanakan secara online, seperti tahun lalu. Hal ini mengingat Pandemi Covid-19 yang memang belum berakhir.

 

"Untuk tahun depan, semoga silaturahmi dan Halal Bi Halal bisa digelar secara luring. Namun, walaupun tangan kita tidak bisa saling berjabat, tentunya ini tidak mengurangi niat tulus kita bersama untuk saling memaafkan kesalahan satu sama lain. Baik itu kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja," ujarnya.

 

Kegiatan Syawalan dengan tema "Silaturahmi Era Pandemi Teguhkan Kembali Pancasila dan Kampus Bela Negara" ini, diikuti oleh 600 peserta yang terdiri dari pejabat struktural kampus, ketua atau kepala lembaga, dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan bagian administrasi dan umum lainnya di lingkungan UPNVY.

 

Rektor menyampaikan, Hari Raya Lebaran tahun ini terasa istimewa bagi UPNVY karena berdekatan waktunya dengan Hari Pendidikan (2 Mei), Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei), dan Hari Lahirnya Pancasila (1 Juni).

 

"Sebagai kampus yang didirikan oleh para pejuang veteran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tentunya UPNVY harus semakin meneguhkan jati dirinya sebagai Kampus Bela Negara dan yakin Pancasila sebagai ideologi negara. Selain juga harus cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, rela berkorban, dan memiliki kemampuan awal bela negara," ungkap Rektor.

 

Rektor mengharapkan, Hari Raya Lebaran 2021 ini bisa menjadi momentum bersama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial. Sebab, selain intelektualitas yang berbasis pada kompetensi akademik, segenap civitas akademika UPNVY juga harus memiliki solidaritas sosial kepada sesama sebagai salah satu implementasi bela negara.

 

"Ketaatan terhadap himbauan dan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, dalam usahanya untuk memutus mata rantai transmisi Covid-19, juga merupakan salah satu perwujudan dari semangat bela negara. Seperti disiplin, patuh, dan taat menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Pengendalian dan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Yakni Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menyemprotkan hand sanitizer, dan Mencegah kerumunan dengan Menjaga jarak dan Membatasi mobilitas dan interaksi (3M). Maupun 3T yaitu Testing (pemeriksaan dini), Tracing (pelacakan), dan Treatment (perawatan)," tutur Rektor.

 

Selanjutnya, Ikrar Syawalan dibacakan oleh Dr. Jatmika Setiawan, MT. selaku Perwakilan Dosen, dan Jamhari, S.Sos selaku Perwakilan Tendik. Ikrar Syawalan diterima oleh Prof. Didit Welly Udjianto, MS. selaku Perwakilan Kampus UPNVY.

 

Sementara itu, Dr. Waharjani, M.Ag Dosen Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dalam siraman rohaninya membagikan pengalamannya tentang bagaimana meraih hidup bahagia yang sesuai dengan ajaran dan tuntunan Islam.

 

Tujuan setiap muslim adalah bisa melindungi dan menjauhkan keluarganya dari siksa api neraka, dengan cara membangun sebuah keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Raihlah keselamatan yang kekal di akhirat tanpa melupakan kebahagian hidup di dunia.

 

Ambillah teladan dari para pendahulu kita sekaligus selalu mendoakan mereka, seperti salah satu pendiri UPN “Veteran” Alm. Prof. Drs. H. R. Bambang Soeroto (92 tahun) yang tutup usia pada  Sabtu (17/4/2021) lalu. Beliau adalah pahlawan yang telah membawa dan mengawal UPN "Veteran" hingga menjadi universitas beridentitas bela negara yang unggul, berkualitas, inovatif, terdepan, berdaya saing, dan mampu berkontribusi dalam pembangunan masyarakat Indonesia.

 

"Seseorang bisa dikatakan tentram, sejahtera, dan tenang hidupnya jika memiliki 3 hal yaitu rizki yang lapang, badan yang sehat, dan kehidupan yang rukun dan damai. Semua bisa dicapai, salah satunya jika kita bisa menjaga solat, sebab solat itu adalah penukar bagi surga, dan penghalang dari api neraka," tuturnya.

 

Selain itu, imunitas tubuh di saat Pandemi Covid-19 ini harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Waharjani memberikan kiat yang dia sebut dengan CERDIK. Yakni, Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rutin berolahraga, Diet dengan berpuasa sunnah, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress hindari marah perbanyak sabar.

Previous Next