PERSIAPAN PESERTA UTBK DI LINGKUNGAN UPN

  • Rabu 07 April 2021 , 02:57
  • Oleh : Dewi
  • 4956
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) menjadi salah satu tempat yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk menyelenggarakan Tes Ujian  Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.  Lokasi UTBK akan digelar di Laboratorium Informatika, Gedung Pattimura, lantai 1, 2, dan 3, di Kampus 2 UPN “Veteran” Yogyakarta, Jalan Babarsari No.2, Tambak Bayan, Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Pelaksanaan selama 2 minggu yang akan dibagi menjadi 2 gelombang. Pertama 12 sampai 18 April 2021, dan kedua 26 April sampai 2 Mei 2021. Dalam sehari, akan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 jam 6.45-10.30 WIB, dan Sesi 2 jam 12.30-16.15 WIB.

Ketua Panitia  PMB  UPN “Veteran” Yogyakarta Dr Hendro Widjanarko SE MM menuturkan, yang perlu diketahui oleh peserta adalah kelengkapan apa saja yang harus mereka siapkan, dan hal-hal apa yang harus betul-betul diperhatikan, agar dapat mengikui UTBK dengan lancar.

Pertama, membawa hasil Ge-Nose/ Rapid tes/PCR yang masih berlaku (maksimal H-2 dari tanggal pelaksansan ujian).

Kedua, membawa kartu peserta ujian (cetak berwarna).

Ketiga, membawa surat keterangan berada di kelas 12 yang ditandatangani Kepala Sekolah, disertai foto berwarna terbaru dibubuhi stempel. Foto copy ijazah SMA/SMK/MA bagi lulusan 2019 dan 2020.

Keempat, membawa kartu identitas (KTP /SiM/Kartu Pelajar).

Kelima, menggunakan kemeja lengan Panjang.

Keenam, bersepatu dan tidak dipekenankan memakai kaos oblong.

Ketujuh, mengenakan masker dan membawa masker cadangan.

Kedelapan, membawa hand sanitizer.

Kesembilan, peserta harus datang 30 menit sebelum ujian berlangsung.

Dan kesepuluh, keterlambatan dengan alasan apapun tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Oleh sebab itu, peserta dihimbau untuk mengecek lokasi ujian H-1, agar keesokan harinya bisa hadir lebih awal.

"Hal ini sudah menjadi keputusan Rektor UPNVY, setelah Tim Gugus Tugas Covid-19 UPNVY berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 DIY dan Kabupaten Sleman," ujar Hendro Widjanarko di Kampus UPNVY, Jalan Padjajaran, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, kemarin (6/4/2021).

Hendro Widjanarko menyampaikan, jumlah pendaftar Tes UTBK SBMPTN yang mengambil lokasi ujian di Kampus UPNVY ada 3.641 peserta. Dengan perincian yang mengambil untuk Jurusan Sosial dan Humaniora (Soshum) ada 1.869 peserta, Jurusan Sains dan Teknologi (Saintek) ada 1.638 peserta, dan yang mengambil Jurusan Campuran (Soshum dan Saintek) ada 134 peserta. Lokasi pelaksanaan Tes UTBK SBMPTN akan dilaksanakan di Gedung Pattimura Fakultas Teknik Industri UPNVY.

"Animo tertinggi untuk pendaftar tahun ini ada di Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Hubungan Internasional, Prodi Teknik Pertambangan, Prodi Teknik Perminyakan, dan Prodi Teknik Informatika," ungkap Hendro Widjanarko.