PIMNAS KE-2 FISIP UPN “VETERAN” YOGYAKARTA

  • Rabu 10 Oktober 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1471
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Kegiatan PIMNAS ke-2 (Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional) FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta telah diselenggarakan selama 1 minggu, sejak tanggal 1-5 Oktober 2018. Kegiatan PIMNAS ini mengambil Tema “Rukun Agawe Santosa Crah Agawe Bubrah”, yang dalam konteks PIMNAS dimaknai Bersama Membangun Bangsa Bersama Membela Negara. Tema ini bertujuan untuk mengingatkan dan mewujudkan jiwa bela negara masyarakat Indonesia agar memperkuat tali persaudaraan, persatuan bangsa dan tanah air untuk menggapai cita-cita bersama bangsa Indonesia.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Asep Saifuddin.,S.IP.,M.Si  mengatakan kegiatan PIMNAS ke-2 ini, selain sebagai kegiatan rutin tahunan untuk mengembangkan dan internalisasi nilai-nilai bela Negara serta membangun jiwa kewirausahaan, juga sebagai rangkaian kegiatan peringatan 60 tahun UPN “Veteran” Yogyakarta serta 25 Tahun Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan PIMNAS ini, yang merupakan kegiatan mahasiswa dan senantiasa temanya terkait dengan Bela Negara, merupakan bentuk kontribusi FISIP dalam menanamkan nilai-nilai Bela Negara, sebagai nilai dan ciri khas UPN “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan PIMNAS juga sebagai upaya untuk melahirkan wirausahawan muda, yang merupakan bagian dari sasaran strategis Renstra Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta UPN “Veteran” Yogyakarta tahun 2015-2019.

Dosen Fisip mengatakan, bahwa kegiatan PIMNAS ke-2 tahun 2018 ini diisi dengan berbagai kegiatan, yaitu: pertama, Seminar Nasional dengan Tema “Bela Negara dalam Perspektif Ekonomi dan Ketahanan Nasional di Era Global”, yang menghadirkan pembicara: Letkol. Inf. Diantoro, SIP (Dandim 0732 Sleman), Sofyan Setyo Darmawan, S.T., M.Eng (Wakil Ketua DPRD Sleman), Dr. Saptopo B. Ilkodar, M.Si (Dosen Jurusan HI-FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta), serta Wahid Galang Dewantoro (Perwakilan Mahasiswa). Kedua, Talkshow dan Workshop Kewirausahaan dengan tema “KOEFISIEN” (Kindliness Originator Effloresce & Fascinating Idea Business Em Nationalism) dan Pembicaranya Dwi Kartika Sari, Pemiliki Goeboex Coffee. Ketiga, Rangkaian Kegiatan lomba yaitu lomba debat, lomba business plan, Lomba Infografis, serta lomba Essay. Lomba Debat diikuti 40 Tim dari 22 perguruan tinggi negeri dan swasta. Tim UGM menjadi juara 1, disusul oleh UNAIR sebagai juara 2, Tim UGM juara 3 serta UNJ (Universitas Negeri Jakarta) sebagai juara 4. Untuk lomba Business Plan diikuti oleh 8 perguruan tinggi, dimana juara 1 diraih oleh Tim FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta (Irvan saputra, Ayu Inas Alfatin, Maria Lilin Girifinai); juara 2 Tim FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta (Arief Mualim, Krisnawati, dan Novica Widya Astuti); dan juara 3 diraih oleh Tim Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) (Oscar Dea Hoya Hasibuan, Sandy Pradana Setiabudi, dan Evalia Hermaliha Samay). Lomba Essay diikuti oleh 25 mahasiswa dari 7 perguruan tinggi, dengan juara 1 diraih oleh Faiz Abdullah Wafi (UGM), juara 2 Karina Isnaini Putri (UIN Sunan Kalijaga), juara 3 Talitha Ardelia (FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta). Lomba infografis diikuti 20 tim dari 10 perguruan tinggi, dengan juara 1 diraih oleh Tim UPN “Veteran” Yogyakarta (Taufikkurahman, Umar Abdul Aziz, Pristina Widiastuti), juara 2 Tim UGM (Jatmiko Tribudi Trianto, Brilly Ramadhanti, Juan Zahra Jauhara), juara 3 Tim UPN “Veteran” Yogyakarta (Stefani Tegitadea, Alya Islamiyati, Zahra Dini Nugroho). Keempat, Entrepeneur Expo (Bazar) bagi mahasiswa yang berwirausaha, baik yang berasal dari FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta maupun dari luar.

“Kegiatan PIMNAS ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman (hard skills) dan melaksanakan (soft skills) nilai-nilai bela negara serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa FISIP khususnya dan mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta pada umumnya. Sampai berjumpa di PIMNAS ke-3 FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Semoga mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi mahasiswa yang unggul dan berdaya saing serta dapat terus berprestasi untuk kemajuan almamater, bangsa dan Negara, tambahnya. (asep/HI)