Poliklinik UPN “Veteran” Yogyakarta gelar pemeriksaan papsmear

  • Sabtu 06 Agustus 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1380
  • 1 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Guna mengoptimalkan  fungsi  promotif dan preventif, Poliklinik UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar acara pemeriksaan pasmear pada hari jum’at tanggal 5 Agustus 2016. . Acara tersebut bekerjasama dengan kantor BPJS Kabupaten Sleman Yogyakarta. Pemeriksaan pasmear  menyasar   sedikitnya 93 orang yang terdiri dari  dosen, karyawan dan masyarakat umum  yang terdaftar dan sebagai anggota BPJS .

Menurut dr. Handayani dari Poliklinik UPN “Veteran” Yogyakarta pemeriksaan papsmear berguna untuk mengetahui dan mendeteksi  ada tidaknya  penyakit kanker serviks atau kanker leher Rahim.  Kanker serviks merupakan  salah satu penyakit  yang menyerang bagian organ reproduksi  wanita tepatnya di bagian leher Rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara Rahim dan kemaluan wanita dan Rahim.

Kanker serviks disebabkan oleh  inveksi  Human Papiloma Virus (HPV)  penyebaranb virus ini antara lain dengan  hubungan seksual. Adapun tanda  dan gejalanya adalah adanya pendarahan dari lubang kemaluan setelah berhubungan  badan atau diantara  dua periode mentruasi, nyeri pinggang atau nyeri pada saat berhubungan seks.

Pencegahaanya dengan cara menjalani pola hidup yang sehat, hindari berganti-ganti pasangan Vaksinasi HPV dan pemeriksaan pasmear.