Ribuan Pelajar Berebut 2.270 Kursi Mahasiswa

  • Minggu 09 Juli 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1347
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Tahun 2017 ini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) dibanjiri calon mahasiswa baru. Persaingan cukup ketat akan terjadi karena jumlah pendaftar berpuluh kali lebih banyak dibanding jumlah kursi yang tersedia. Pada tahun ini kuota kursi mahasiswa baru di UPN “Veteran” Yogyakarta sebanyak 2.270. Dari jumlah tersebut kuota mahasiswa jalur SM UPNY sekitar 30 persen. Untuk peserta Bidikmisi disediakan sekitar 20 persen dari total jumlah kursi semua seleksi.

Tercatat, sebanyak 5.564 orang mengikuti ujian Seleksi Mandiri (SM) UPNVY tahun 2017 yang dilangsungkan di 5 (lima) kota di Indonesia, Yogyakarta, Jakarta, Balikpapan, Pekanbaru dan Banjarmasin. Mereka akan bersaing memperebutkan kursi mahasiswa yang tersebar di 5 fakultas, yaitu Teknologi Mineral, Teknologi Industri, Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, serta FISIP. Di Yogyakarta, calon mahasiswa UPNVY mengikuti tes yang diikuti 5.328 peserta tersebar di 6 lokasi, yaitu Kampus UPN Condong Catur, Kampus UPN Babarsari, SMA N 1 Depok, SMP N 4 Depok, SMK N 1 Sleman dan MAN 2 Sleman.

Peserta ujian SM didominasi oleh saintek sebanyak 3261 orang, 2142 orang soshum, dan 188 orang memilih campuran.

Prof. Dr.Ir. Sari Bahagiarti K, M.Sc, Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, disela-sela kunjungan ke beberapa tempat tes ujian pada Minggu (9/7/2017) mengatakan, seleksi mandiri merupakan penjaringan terakhir yang dilakukan UPNVY untuk program reguler S1 dan D3. Dari total peserta, 15 orang diantaranya melakukan ujian seleksi Diploma.

Sebelumnya, UPNVY telah melakukan seleksi mahasiswa baru melalui program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada bulan Januari dan April 2017.

“Dari proses tahapan pendaftaran, pembuatan soal, pelaksanaan, hingga proses pengawasan ujian Seleksi Mandiri dilakukan sendiri oleh UPNVY. Kami berharap para peserta dapat mengikuti ujian dengan aman dan lancar. Selamat menempuh ujian dan semoga sukses”, ujar Rektor.

Di UPN “Veteran” Yogyakarta sendiri jurusan yang paling diminati peserta yaitu Teknik Pertambangan dan Ilmu Komunikasi. Kedua jurusan tersebut selalu menjadi primadona setiap tahun. Adapun hasil Seleksi Mandiri akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2017 melalui laman www.upnyk.ac dan surat kabar. (wwj-dew/humas)