SEBANYAK 2.026 MAHASISWA UPN VETERAN YOGYAKARTA IKUTI PEMBEKALAN KKN DARING

  • Kamis 23 September 2021 , 03:43
  • Oleh : Dewi
  • 1913
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Sebanyak 2.026 mahasiswa  UPN  “Veteran”  Yogyakarta (UPNVY) mengikuti  pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  ke  76  secara  daring  via  zoom, Sabtu 18 September 2021.  Pembekalan KKN diselenggarakan oleh  Lembaga  Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  UPN Veteran Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan ini yaitu  memberikan  kesempatan  mahasiswa menerapkan ilmu pengetahuan dan sebagai innovator yang di dapat di kampus untuk di aplikasikan ke masyarakat langsung.

Dr. Hendro Wijanarko, MS selaku Kepala LPPM  UPN  Veteran  Yogyakarta  menyatakan  jumlah mahasiswa  yang mengikuti  pembekalan KKN   sekitar 2.026 mahasiswa. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Kenyataan yang terjadi, hampir setiap persoalan  hidup dalam masyarakat mempunyai hubungan satu dengan yang lain (complicated), sehingga penyelesaian dengan pola pendekatan monodisiplin kurang efektif. Kuliah kerja nyata dimaksudkan untuk  pengisi kekurangan tersebut dengan memberikan pengalaman cara berfikir interdisipliner, terpadu, dan komprehensif.

Ketua LPPM UPN Veteran Yogyakarta menambahkan dalam kuliah kerja nyata mahasiswa didorong untuk mengadakan kegiatan di luar bidang studi dan mahasiswa dapat melakukan studi lintas disiplin ilmu dengan teman dari berbagai fakultas lain maupun melakukan diskusi, bertukar pikiran serta pengalaman baik dengan teman maupun masyarakat tempat lokasi kuliah kerja nyata (KKN), yang  hasilnya dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, yakni  mahasiswa, pemerintah dan masyarakat. Perpaduan antara pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,  yang termanifestasikan dalam Tri Dharma PT. Sehingga melatih mahasiswa kuliah kerja nyata untuk memahami permasalahan masyarakat  dan mampu memberi solusi permasalahan secara pragmatis dan komprehensif.

Ia menambhakan dimasa pandemi tahun 2020 LPPM UPN Veteran Yogyakarta telah menerjunkan mahasiswa KKN sejumlah 1.995 mahasiswa dengan rincian : 1.269 mahasiswa  (angkatan 72), 60 mahasiswa (angkatan 73/Nasional), 626 mahasiswa (angkatan 74). Sedangkan pada tahun 2021, untuk angkatan 75 sebanyak 460 mahasiswa dan untuk angkatan 76 yang akan datang, tengah dipersiapkan 2.026 mahasiswa, untuk diterjunkan di wilayah DIY, Jateng yang akan diselenggarakan secara blended (daring 80% dan luring 20%) dan untuk mahasiswa yang masih berada diluar wilayah tersebut akan diselenggarakan secara full daring

“Saya berharap dengan pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dari bangku perkuliahan diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran, tenaga, dan lain sebagainya kepada masyarakat, terang Ketua LPPM UPN Veteran Yogyakarta.