Selamat, UPT Perpustakaan UPNVY Raih Akreditasi A

  • Rabu 10 Maret 2021 , 02:50
  • Oleh : Wike Wijayanti
  • 2616
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Akreditasi UPT Perpustakaan UPN "Veteran" Yogyakarta

SLEMAN – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui Lembaga Akreditasi Nasional menetapkan UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) memperoleh Standar Nasional Perpustakaan dengan akreditasi A. Raihan ini merupakan bentuk komitmen UPT Perpustakaan UPNVY terhadap kesesuaian Standar Nasional Perpustakaan.   

Sertifikat akreditasi dengan nomor. 0210/LAP.PT/XI.2020 yang ditetapkan tanggal 30 November 2020 tersebut ditandatangani di Jakarta oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando.

Sertifikat akreditasi tersebut mulai berlaku sejak ditandatangani dan berakhir pada 30 November 2025.

Kepala UPT Perpustakaan UPNVY, Dr Nur Ali Amri mengatakan perolehan akreditasi ini baru pertama kali diterima.

“Akreditasi ini kami ikuti untuk meningkatkan kualitas layanan dan mengevaluasi kekurangan.” Ujarnya melalui pesan singkat, Rabu (10/3).

Aspek penilaian dari Lembaga Akreditasi Nasional adalah komponen koleksi, Sarana dan Prasarana, Pelayanan, Tenaga Perpustakaan, dan Penyelenggaraan dan Pengelolaan.  Selain itu penilaian juga dilihat dari aspek inovasi kreativitas, keunikan, prestasi, komitmen pimpinan yang masuk pada aspek penguat.

Penilaian akreditasi sudah dilaksanakan pada 23 November 2020 dengan assesor Arsi Suparni, S.Sos., M.Hum. dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY.

“Kami berterimakasih kepada pimpinan, para staf perpustakaan dan pihak-pihak yang mendukung selama ini. Kedepannya kami akan berusaha mempertahankan yang sudah baik dan meningkatkan kualitas.” Ujarnya.

Sejak diangkat menjadi Kepala UPT Perpustakaan UPNVY pada April 2019, Nur melakukan banyak pembenahan dan inovasi salah satunya menambah fasilitas, layanan dan memperbanyak jenis langganan jurnal internasional.

“Kami secara periodik merubah tata letak maupun tata cahaya. Hal tersebut dilakukan agar pengunjung merasa nyaman.” Jelasnya.

Ia juga melakukan penguatan kelembagaan secara internal dengan pembenahan di layanan baik secara langsung dan online.

Tenaga pengajar Jurusan Teknik Pertambangan tersebut juga mengatakan pihaknya terus berusaha meingkatkan anggaran pengadan penambahan koleksi buku baru.

“Target ke depan sudah kami susun yaitu dengan kebijakan pengelolaan dan pengembangan koleksi yang kami susun dalam Buku Pegangan. Kemudian melakukan Survey rutin (kepuasan dan usulan) kami lakukan terhadap pemustaka (pengunjung/pengguna). “ Pungkasnya.

Saat ini berbagai layanan di UPT Perpustakaan UPNVY yaitu OPAC untuk penelusuran sumber informasi tercetak, DIGILIB untuk penelusuran tugas akhir mahasiswa, EPRINTS untuk penulusuran karya ilmiah dan artikel dosen, KUBUKU yaitu aplikasi yang menghadirkan buku dalam format digital, dan JURNAL yang memuat jurnal berlangganan.

Selain itu, kini UPT Perpustakaan UPNVY dilengkapi dengan ruang baca, ruang belajar, ruang loby, hostpost area, sara foto copy, mushola,  sentra peta, dll. (wwj/humas)