Seleksi Mandiri Bela Negara: Ribuan Peserta Berebut Kursi di UPN "Veteran" Yogyakarta

  • Jumat 12 Juli 2024 , 09:26
  • Oleh : Admin
  • 2436
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sebanyak 2.965 peserta akan mengikuti Seleksi Mandiri Bela Negara di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta. Seleksi ini menjadi jalur terakhir Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tahun akademik 2024. Dengan semangat dan persiapan yang matang, para peserta akan menguji kemampuan mereka dalam memperebutkan kursi yang tersisa sebagai mahasiswa baru. Berikut adalah beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan kelancaran proses seleksi ini.

 Jadwal dan Ketentuan Pelaksanaan Tes

Tes Seleksi Mandiri (SM) Bela Negara akan berlangsung dari Selasa, 16 Juli 2024 hingga Jumat, 19 Juli 2024. Pada saat pelaksanaan tes, peserta diharapkan datang dengan mengenakan pakaian sopan dan rapi, seperti kemeja, celana kain, dan sepatu yang sesuai. Hal ini penting untuk menciptakan suasana yang kondusif dan mencerminkan jiwa bela negara peserta.

Setiap peserta wajib membawa beberapa berkas penting dalam bentuk cetak saat jadwal ujian, seperti, Kartu Peserta, Fotokopi Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang telah dilegalisir, dan Kartu identitas yang masih berlaku.

SubKoor Humas dan Kerjasama UPN “Veteran” Yogyakarta, Panji Dwi Ashrianto M.Ikom berpesas agar semua dokumen tersebut sudah dipersiapkan dengan baik sebelum hari H untuk menghindari hambatan selama proses seleksi berlangsung. “Kesiapan dokumen menjadi faktor krusial dalam kelancaran proses seleksi, agar tidak ada hambatan bagi peserta melaksanakan tes. Selain itu juga penting bagi peserta, agar menyiapkan diri dalam kondisi terbaik agar dapat menjalani tes dengan baik”

Tes SM Bela Negara akan dilaksanakan di Gedung Pattimura, Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta. Terkait itu, Panitia PMB  menghimbau peserta SM Bela Negara untuk mengecek lokasi ujian satu hari sebelum ujian.

 “Dengan melakukan pengecekan awal, peserta dapat mengenal lokasi lebih baik, mengantisipasi perjalanan, dan tentunya mengurangi risiko keterlambatan pada hari ujian. Pengecekan lokasi juga membantu peserta merasa lebih tenang dan siap menghadapi tes dengan kondisi baik.” tambah Panji

 Tips Menghadapi Seleksi

 Agar menghadapi seleksi dalam kondisi terbaik, berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

- Datang Lebih Awal: Usahakan tiba di lokasi tes setidaknya 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan. Agar memberikan waktu cukup untuk persiapan terakhir dan mengurangi stres.

- Bawa Alat Tulis yang Diperlukan: Pastikan membawa alat tulis seperti pensil, pulpen, penghapus, jika diperlukan.

- Siapkan Mental dan Fisik: Jaga kondisi kesehatan dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi menjelang hari seleksi. Kesehatan yang prima adalah kunci untuk performa optimal.

- Review Materi: Lakukan review terhadap materi yang akan diujikan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kesiapan. Materi meliputi Pancasila, Sejarah Kebangsaan,Kewarganegaraan; dan Bela Negara. sebanyak 60 soal yang akan dikerjakan selama 75 menit

Dengan jumlah peserta sebanyak 2.965 orang, persaingan dalam Seleksi Mandiri Bela Negara tentu akan sangat ketat. Setiap peserta diharap mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat bersaing dan menunjukkan kemampuan terbaik masing masing. Peserta akan diuji dalam berbagai aspek, dan hanya yang terbaik yang akan berhasil lolos dan mendapatkan kursi yang tersedia sebagai agen pembangunan berikutnya.

Seleksi Mandiri Bela Negara menjadi  kesempatan terahir bagi peserta untuk menunjukkan dedikasi dan kemampuan mereka. Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, diharapkan para peserta dapat menjalani seleksi ini dengan lancar dan sukses. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan detail dan instruksi dari panitia agar tidak ada hal yang terlewatkan. Keberhasilan dalam seleksi ini akan menjadi langkah awal yang penting dalam perjalanan akademik di UPN "Veteran" Yogyakarta. (devindraghiffary)