Sepekan Di Palu, Tim Peduli Bencana UPNVY Bantu Evakuasi

  • Rabu 10 Oktober 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1055
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Gempa dan tsunami yang melanda Palu, Kabupaten Donggala dan sekitarnya di Provinsi Sulawesi Tengah menimbulkan banyak korban jiwa dan kerusakan. Banyak relawan berdatangan untuk membantu para korban, diantaranya yaitu tim relawan UPN “Veteran” Yogyakarta.

Tim yang terdiri dari enam orang mahasiswa ini sudah diberangkatkan sejak  Rabu (03/10/2018). Sepekan pasca pemberangkatan, tim relawan UPNVY terus membantu dan memberikan dukungan kepada masyarakat terdampak bencana.

“Dua orang dari tim UPN Peduli bergabung dengan Posko MDMC (Muhamadiyah Disaster Management Center) untuk membantu tim Evakuasi dan berkordinasi dengan Basarnas.” Kata Eko Teguh Paripurno, Ketua Tim UPN Peduli Bencana Gempa & Tsunami Donggala – Sigi – Palu, Selasa (9/10/2018).

ET, sapaan akrab Eko mengatakan target capaian tugas tim pertama yaitu  membantu rescue pada area terbatas, melakukan assesment pada area terbatas, menentukan titik dusun dan membuka hubungan baik dengan masyarakat, sebagai langkah awal pembukaan pos lapangan tim berikutnya.

“Tim Assesment/ Rekonstruksi Data saat ini tanggal 8/10/2018 akan bergerak untuk: mencari/ membuka akses menuju Desa Sidera, pengembangan data sekunder di Desa Jono Oge dan Sidera, meninjau sumber air dan kenampakan lahan di Desa Jono Oge dan Sidera.” Kata ET.

Pihaknya, kata ET sudah berkordinasi dengan Jaringan Gusdurian dan Pramuka pada tanggal 7 Oktober 2018 untuk assessment kalayakan dan ketersediaan barang di Makassar.

ET mengatakan Pusat Studi Manajemen Bencana UPNVY telah mengeluarkan surat edaran Nomor 003/03/TPBP_UPNVYK/X/18 tentang UPN Peduli Bencana Gempa & Tsunami Donggala – Sigi – Palu, Sulawesi Tengah, berdasarkan surat Keputusan Rektor Nomor 4875/UN62/2018 tentang Tim Peduli Bencana Gempa & Tsunami Donggala – Sigi – Palu, Sulawesi Tengah kepada seluruh kompartemen Ikatan Alumni UPN untuk bersinergi dalam melaksanakan program respon bencana melalui UPN Peduli Bencana Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah.

“kami membuka donasi berupa uang yang bisa langsung disalurkan ke Pusat Studi Manajemen Bencana UPNVY atau melalui rekening bank BNI 0340235286”. Katanya.

Saat ini UPNVY membuka Posko Peduli Bencana Gempa & Tsunami Jl. Merpati BTN Merpati Putih Blok C No 09, Palu 00°53'48'' S 119°53'27'' E. (wwj/humas)