Studium General Pertambangan

  • 21 April 2014 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 395

Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang teknologi pertambangan yang  berwawasan lingkungan telah digelar stadium general  dengan tema “ Responsibility Mining” di ruang Seminar  gedung Arie Frederik Lasut  selasa 16 April 2014.

            Acara tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara Fakultas Teknologi Mineral dengan Kantor Urusan Internasional untuk para mahasiswa  S-2 Magister Teknik Pertambangan  dan para mahasiswa prodi Teknik Pertambangan program S-1.

            Hadir sebagai nara sumber Prof. Carsten Drebensteit dari Technishe Universitat Bergakademie Freiberg Jerman yang juga sebagai sekretaris jendral forum persatuan mineral dunia serta ketua perhimpunan ahli pertambangan di Jerman. Beliau memiliki 11 patent, menerbitkan 400 paper dalam jurnal internasional, dan menerbitkan sekitar 10 judul mengenai surface mining.

            Dalam uraiannya  Carsten Drebenstaeit menjelaskan tentang pentingnya teknologi pertambangan yang bertanggung jawab, artinya bahwa kegiatan penambangan harus  mengutamakan  reklamasi. Setelah diambil  bahan galian dan bahan tambangnya maka seorang  kontraktor pertambangan harus mengembalikan  lahan bekas penambangan tersebut  sebagaimana aslinya sehingga  proses penambangan tersebut tidak merusak lingkungan . Hal itu hanya dapat dimungkinkan apabila perusahaan pertambangan menerapkan teknologi comprehensive mining dimulai dari system perencanaan tambang yang  solid dan tepat , selanjutnya proses pengambilan material bahan galian dan bahan tambang  dilakukan dengan metode  tambang terbuka yang berwawasan lingkungan dan diakhiri dengan reklamasi tambang.

Previous Next