Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta Meraih Juara 1 dan 3 Pada Kompetisi Mud Innovation di Malaysia

  • Selasa 05 Januari 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1751
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta mendapatkan hasil yang membanggakan pada 2 ajang yang diikuti di Malaysia. Pada ajang Oil and Gas Conference and Exhibition (OGCE) UTP 2015 di Perak, Malaysia, tim UPN berhasil membawa pulang juara 3 pada ajang Scomi Mud Innovation Challenge dan pada ajang Oil and Gas Festival (OGFEST) UTM 2015 di Johor, Malaysia, tim UPN berhasil mendapat juara pertama pada ajang Mud Innovation Competition sekaligus mempertahankan gelar yang tahun lalu didapatkan pada ajang yang sama.

OGCE 2015   ini merupakan event yang diadakan oleh SPE Universiti Teknologi Petronas, dimana UPN “Veteran” Yogyakarta mengirimkan 2 tim Smart Competition dan 1 tim Mud Innovation. Hasilnya tim Smart Competition mampu mencapai babak semifinal dan tim Mud Innovation yang terdiri atas Handy Hermanjaya (Teknik Perminyakan 2012) dan Catur Cahyo (Teknik Perminyakan 2012) berhasil mendapatkan juara 3 di ajang Scomi Mud Innovation Challenge tersebut

Di kompetisi lainnya yaitu OGFEST 2015  ini merupakan event yang diadakan oleh SPE Universiti Teknologi Malaysia, dimana UPN “Veteran” Yogyakarta mengirimkan 2 tim Smart Competition, 2 tim Petroearth, 1 tim Oil Rig design, dan 1 tim Mud Innovation Competition. Hasilnya UPN “Veteran” Yogyakarta dapat meraih juara 3 pada ajang Petroearth dan Juara 1 pada ajang Mud Innovation Competition yang terdiri atas Pipit Irvani (Teknik Perminyakan 2013), Gentur Wikan (Teknik Perminyakan 2013), dan Ferdi Latuan (Teknik Perminyakan 2013) yang mana membawakan inovasi yaitu “KCl-Citrus Peel Extracts as Enviromentally-Friendly Mud for Shale Formation” sekaligus dapat mempertahankan gelar juara 1 pada kompetisi yang sama pada tahun 2014 lalu.

Kedua ajang tersebut merupakan ajang international dimana peserta yang hadir merupakan mahasiswa-mahasiswa dari beberapa negara seperti Mesir, Inggris, China, Sudan, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Indonesia, dan Negara lainnya. Pada kedua ajang ini juga tim UPN mendapatkan dukungan yang penuh dari Ikatan Alumni UPN “Veteran” Yogyakarta Kuala Lumpur, Malaysia yang telah memberikan pelatihan dan banyak masukan kepada setiap tim yang akan bertanding pada kompetisi di Malaysia tersebut.