Tim Mahasiswa Teknik Perminyakan UPNYK Juara 1 Oil Rig Desain Competition Di ITB

  • Selasa 27 Februari 2024 , 02:04
  • Oleh : Admin
  • 1482
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Team "Valhall" dari Jurusan Teknik Perminyakan UPNYK saat kompetisi di ITB. Sumber: Pribadi

INFOUPNYK - Sebanyak 6 mahasiswa jurusan Teknik Perminyakan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) meraih juara pertama dalam kompetisi Oil Rig Desain di Institut Teknologi Bandung (ITB). Prestasi ini diraih dalam acara Integrated Petroleum Festival (IPFEST), kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan ITB (HMTM “PATRA” ITB) yang diselenggarakan pada tanggal 23-24 Februari 2024.

6 mahasiswa jurusan Teknik Perminyakan yang tergabung dalam Team "Valhall" memilih untuk mengikuti lomba Oil Rig Design Competition, yang merupakan debut pertama mereka dalam kompetisi tersebut. Hanif Zaki Dhiurrahman, salah satu anggota tim mengatakan melalui kegiatan berskala internasional ini, ia dan timnya berharap dapat menorehkan prestasi yang terbaik.

"Kami mengikuti lomba Oil Rig Design Competition yang mana lomba ini merupakan debut pertama kami. Alasannya karena kami ingin menorehkan prestasi di kompetisi berskala internasional," ujar Hanif dalam wawancaranya (25/2/2024).

Hanif juga menambahkan bahwa ia dan Team Valhall menyatakan kebanggaan mereka atas prestasi ini dan berkomitmen untuk mempertahankan gelar juara di kompetisi-kompetisi selanjutnya. Mereka siap meneruskan tongkat estafet prestasi mereka dan terus mengharumkan nama kampus tercinta, UPNYK.

"Pada event perdana ini, tim kami mendapatkan juara satu pada lomba debut kami. Harapan kami setelah mendapatkan pencapaian ini adalah mempertahankan gelar juara di event - event selanjutnya,"

Terpisah, Dr. Ir. Ir. Singgih Saptono, MT., IPM., ASEAN Eng., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama menutarakan apresiasinya pada tim ini. Menurutnya prestasi seperti ini menegaskan posisi UPNYK sebagai kampus yang dikenal akan bidang kebumian, energi, dan lingkungan.

"UPNYK salah satunya dikenal karena bidang keilmuan terkait energi, kebumian, dan lingkungan. Menurut saya prestasi Tim Valhall ini jadi pernyataan tegas akan posisi UPNYK,"

Menurutnya dengan prestasi yang diraih mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan ini menjadi jawaban akan kapabilitas UPNYK dalam mengelola potensi mahasiswanya.

"Ini jadi langkah nyata bahwa mahasiswa UPNYK tidak hanya mumpuni dalam segi akademik, namun juga mengerti penerapan keilmuannya dalam praktik nyata," pungkas Singgih.

Untuk diketahui, Team Valhall yang mengikuti kompetisi Oil Rig Desain beranggotakan 6 orang mahasiswa Teknik Perminyakan, yaitu:

Aldea Azka Naimullah
Efraim Rudolf Kristian
Naraya Ramadhani Padalas
Oktario Ferdian Nugroho
Hanif Zaki Dhiaurrahman