UPN VETERAN YOGYAKARTA DUKUNG MAHASISWA LOLOS PENDANAAN PKM 2022

  • 27 June 2022 , 04:32 PM
  • Oleh : Dewi
  • 496
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ UPN Veteran Yogyakarta melakukan pertemuan dengan Mahasiswa Lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022, Pertemuan ini diadakan di Hotel Keisha pada hari sabtu dan minggu 25-26 Juni 2022.  Gathering yang mengangkat tema “Team Work Make a Dream Work” ini bertujuan mempertemukan dan juga meningkatkan kualitas mahasiswa yang berhasil lolos pendanaan PKM. Dengan adanya acara gathering ini, Diharapkan mahasiswa mengetahui alur dari pelaksanaan PKM 2022 dan mampu untuk membuat proposal PKM dengan benar.

 

Bapak Dr Ir Singgih Saptono, M.T Selaku Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Kerjasama UPN Veteran Yogyakarta mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang berhasil menembus pendanaan PKM 2022. Saya berharap mahasiswa menjadi yang terbaik dan saya doakan semuanya bisa lolos ke PIMNAS “Saya berharap kalian semua akan mendapatkan yang terbaik dan bisa mencapai kompetisi yang tertinggi, yakni PIMNASS, amiin ”-ujarnya

 

Bapak Tri Wibawa S.T, M.T memberikan laporan bahwa Universitas Nasional “Veteran” Yogyakarta berhasil mengumpulkan 563 Proposal PKM yang diseleksi oleh PKM Center UPNVY. Dari Hasil seleksi tersebut, terdapat 134 proposal yang berhasil lolos input simbelmawa. Kemudian sebanyak 3 Kelompok berhasil lolos pendanaan PKM 2022. Kemudian Bapak Tri menjelaskan tentang program PKM kedepanya yang akan diadakan yakni adalah monitoring dan evaluasi yang akan diadakan bulan juli dan persiapan PKP2 yang akan diadakan di bulan Agustus.

 

Ibu Dr. Med. dr Indwiyani Astuti selaku pembicara pertama dalam acara ini mengatakan bahwa Program Kreativitas Mahasiswa merupakan kompetisi mahasiswa yang sangat bergensi di Perguruan Tinggi. Dalam tahun ini, kuota PKM yang lolos pendanaan dikurangi dari yang dulunya sebanyak 5500 sekarang hanya sebanyak 1543 proposal. Sehingga banyak kampus yang mengalami pengurangan kuota. Sehingga diperlukan kesungguhan yang benar benar sungguh-sungguh dalam membuatnya.

 

Bapak Prof Achmad Fauzy , S. Si., M.Si., Ph.D Selaku pembicara dalam PKM VGK menjelaskan bahwa tahun ini hanya ada 775 proposal yang masuk dan lolos tahap kedua. Kemudian, hanya 63 proposal yang mendapatkan pendanaan. Hal ini sangat menurun dibandingkan dengan tahun lalu. Kunci dalam mengerjakan PKM VGK adalah dengan membuat laporan kemajuan, laporan akhir, dan video yang diupload di Youtube.

 

Dalam menjalankan PKM harus jelas dalam hal publikasi. “Jika juri sudah melihat publikasi yang keren maka mereka akan menilai bagus, Akan tetapi jika publikasi kurang maka juri juga malas menilainya”. Dalam PKM Riset Eksata, Format dan Kualitas meruapakan hal yang sangat penting dala pembuatanya. Kemudian juga memperhatikan isi dan sistematika yang sesuai dengan penulisan pedoman PKM 2022 .

 

Previous Next