UPN VETERAN YOGYAKARTA GELAR HUT RI KE-77, MOMENTUM PEMULIHAN SISTEM PENDIDIKAN

  • Rabu 17 Agustus 2022 , 02:39 PM
  • Oleh : Dewi
  • 253
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 yang diikuti mahasiswa baru Angkatan 2022/2023. Dalam upacara HUT RI ke-77 ini, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Suharsono, MT bertindak sebagai pembina upacara.

 

Dalam sambutannya dia mengajak mahasiswa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, khususnya di sektor pendidikan yang sempat diterpa badai pandemi dengan semangat 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'.

 

Kebangkitan di sektor pendidikan telah dibuktikan melalui Presidensi G20 tahun 2022. Di mana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan, Teknologi (Kemendikbud Ristek) berupaya menggalang kolaborasi global di sektor pendidikan.

 

"Untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan," ucapnya dalam sambutannya, Rabu (17/8/2022).

 

Menurutnya Indonesia telah mampu menunjukkan kepada dunia jika proses pembelajaran saat ini semakin berpihak pada murid dan guru. Mereka memiliki keleluasaan dalam berkreasi dan mengajar melalui kurikulum merdeka dan platform merdeka mengajar.

 

"Perjuangan mencapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah," ucapnya.

 

Upaya lain dalam mendorong kembangkitan sektor pendidikan dilakukan dengan memperluas akses serta kualitas. Bisa dilakukan melalui terobosan mekanisme bantuan operasional sekolah dan program dukungan beasiswa.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, generasi muda Indonesia saat ini sudah terlatih sejak di bangku kuliah untuk siap masuk ke dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat. Bekal ini salah satunya didapatkan dari belajar di luar kampus. 

 

"Melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka," ucapnya.

 

Terobosan merdeka belajar menurutnya sudah mencapai 21 episode. Masih banyak episode lain yang akan diluncurkan ke depan. Suharsono mengucapkan selamat memperingati HUT RI ke-77 bagi seluruh masyarakat Indonesia, dan khususnya bagi para pegiat pendidikan.

 

"Mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka, mewujudkan merdeka belajar," paparnya.

Previous Next