UPN "VETERAN" YOGYAKARTA LAUNCHING PROGRAM KEGIATAN INKUBATOR BISNIS

  • 29 March 2021 , 01:43 PM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 176
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PKK) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) Danang Yudhiantoro, SE., M.Si. melaunching Program Kegiatan Inkubator Bisnis, di Kampus UPNVY, Jalan Padjajaran, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Kemarin (24/3/2021).

 

Danang menuturkan, Program Kegiatan Inkubasi Bisnis ini memiliki lima jenis layanan untuk membantu dan mendorong mahasiswa UPNVY yang berwirausaha maupun UKM lainnya dalam menyusun, memulai, mengelola, dan mengembangkan kegiatan kewirausahaan atau unit bisnisnya.

 

Pertama, adalah Layanan Konsultasi Bisnis bagi mahasiswa UPNVY yang berwirausaha maupun UKM lainnya. Layanan ini menyediakan konsultan bisnis yang memiliki standar kompetensi untuk memberikan bimbingan bisnis kepada UKM untuk berkonsultasi.

 

Fungsi konsultan adalah  untuk mencari jalan keluar dari persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa UPNVY yang berwirausaha maupun UKM lainnya. "Para konsultan bisnis ini telah memiliki standart kompetensi dalam memberikan nasihat bisnis dalam hal masalah Pemasaran, SDM, Permodalan, manajemen usaha, kualitas produk, HAKI, kerjasama usaha dan pemanfaatan teknologi informasi," ujar Danang.

 

Kedua, adalah Layanan Pendamping Bisnis. Layanan ini menyediakan pendamping yang khusus memberikan pendampingan secara regular khususnya untuk mahasiswa UPNVY yang berwirausaha maupun UKM lainnya.  yang ingin naik kelas dan membenahi masalah-masalah usaha yang mereka hadapi.

 

Fungsi pendamping adalah memberikan pendampingan untuk pengembangan bisnis bagi mahasiswa UPNVY yang berwirausaha maupun UKM lainnya supaya bisa naik kelas secara konsisten. "Jenis layanan konsultan pendampingan kepada UKM Tenant meliputi Pendampingan penyusunan rencana bisnis, Pendampingan penerapan akuntansi sederhana, Pendampingan praktek manajemen keuangan, Pendampingan pengembangan produk dan pasar, Pendampingan negosiasi bisnis, Pendampingan promosi usaha, Pendampingan praktek manajemen sumber saya manusia, Promosi dan Pemasaran," ungkap Danang.

 

Ketiga, adalah Layanan Akses ke Pembiayaan. Inkubator Bisnis UPNVY memiliki akses ke seluruh jenis pembiayaan untuk UKM baik kepada lembaga perbankan maupun pendanaan dari Instansi terkait.

 

"Fungsi ini dijalankan oleh pendamping yang telah memiliki akses dan mampu menyambungkan UKM dengan sumber-sumber pembiayaan tersebut," imbuh Danang.

 

Keempat, adalah Layanan Informasi Bisnis. Layanan ini memberikan dan membantu bagi para UKM untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dan dibutuhkan seperti misalnya bahan baku, produksi, halal, jaringan usaha, dan CSR.

 

Kelima, adalah Layanan Laboratorium Kewirausahaan (Enterpreneur Corner). Laboratorium kewirausahaan mempunyai tugas dan fungsi dalam menunjang kelancaran tugas pendidikan dan aktifitas pembelajaran pada mata kuliah yang terkait dengan kewirausahaan.

 

"Enterpreneur Corner mengakomodasi mata kuliah terapan yang membutuhkan kegiatan praktik sebagai implementasi teoritik dalam rangka mengukur kompetensi yang dimiliki mahasiswa," terang Danang.

 

Danang berharap melalui Layanan Program Kegiatan Inkubator Bisnis yang meliputi pra inkubasi, inkubasi, dan pasca inkubasi ini, bisa mengubah mindset mahasiswa dari fokus sebagai pekerja  berpindah pada pencipta lapangan kerja. Fokus pada pemecahan masalah dengan ide bisnis yang potensial dan profitable.

 

"Juga mampu menyusun target pemasaran yang meliputi strategi produk, strategi harga, strategi komunikasi pemasaran, dan strategi distribusi. Kemudian mampu menyusun content Marketing. Serta mampu menyusun strategi pengembangan bisnis yang mencakup pengembangan produk dan pengembangan pasar," jelas Danang.

Previus Next