UPN “VETERAN” YOGYAKARTA RAIH JUARA 1 DALAM AJANG PODIUM BUSINESS PLAN COMPETITION 2021

  • Kamis 27 Mei 2021 , 02:47 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1452
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta berhasil meraih juara 1 pada ajang Podium Business Plan Competition 2021 yang diadakan oleh BEM Kema Telkom University. Tim Meraki tersebut beranggotakan Rachmasari Nur Hutaminingtyas, Nandita Lingga Sari dan mahasiswa lintas jurusan dan perguruan tinggi, Kurnia Dwi Utami (UNY). Dalam perlombaan tersebut terdapat beberapa seleksi yang harus peserta lalui selama 3 bulan, mulai dari seleksi business model canvas, proposal business plan, hingga pitching.

Rachma salah satu anggota tim Meraki menyatakan kompetisi ini berawal dari permasalahan TPST Piyungan Yogyakarta yang sering mengalami penutupan karena penuhnya sampah. Tim Meraki mencetuskan produk inovatif dengan memanfaatkan sampah plastik kemasan menjadi produk bernilai fungsi dan ekonomi yang diberi nama “BETAH Bean Bag”. Produk ini merupakan bean bag yang berisi butiran sampah plastik yang dapat dijadikan sebagai tempat duduk fleksibel untuk bersantai, belajar, atau bekerja. Untuk mendapatkan juara ini tim telah berusaha keras dengan mempersiapkan berbagai hal mulai dari pembuatan dan pematangan konsep bisnis, survei lokasi, pengumpulan data, pembuatan produk, hingga persiapan business pitching. Dari persiapan yang matang tersebut, tim Meraki berhasil menaklukan perwakilan dari kampus-kampus terbaik se-Indonesia dan keluar sebagai juara I pada ajang kompetisi business plan ini.

  

 “Saya  merasa bersyukur menjadi peraih juara 1 dalam Podium Business Plan Competition 2021, dan menjadi kebanggan tersendiri ketika membawa nama baik kampus diantara jajaran universitas terbaik Indonesia, selain itu kami mendapatkan pembelajaran yang berharga juga relasi dari rekan lintas universitas lainnya.” ungkap Rachma salah satu anggota tim Meraki.

Rahma berharap semoga dengan adanya ide bisnis tersebut dapat bermanfaat dan diimplementasikan bagi masyarakat luas. Diapun berpesan kepada rekan sekalian jangan takut untuk mencoba hal hal baru yang tentunya positif, nikmati prosesnya dan berikan usaha semaksimal mungkin. Dia percaya bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya yang selalu berusaha dan berdoa.

Previous Next