UPN “VETERAN” YOGYAKARTA RAIH JUARA 2 AJANG ABDIDAYA 2021

  • Rabu 08 Desember 2021 , 04:43
  • Oleh : Dewi
  • 1858
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

UPN “VETERAN” YOGYAKARTA RAIH JUARA 2 AJANG ABDIDAYA 2021

Sleman – UPN “Veteran Yogyakarta berhasil meraih Juara 2 dalam ajang Abdidaya 2021. Abdidaya 2021 merupakan kegiatan perdana yang di gelar oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Ditiristek Kemendikbudristek. Adbdidaya 2021 diikuti oleh 113 Perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan total 240 tim yang di bagi dalam 6 skema yaitu 4 skema PHP2D, 1 skema P3D dan skema Wiradesa.

Dr. Ir. Singgih Saptono, MT selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan dan Kerjasama UPN “Veteran” Yogyakarta mengatakan tujuan dari  kegiatan ini yaitu untuk memperluas kesempatan mahasiswa di dalam kegiatan pemberdayaan desa.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan dan Kerjasama UPN “Veteran” Yogyakarta menambahkan dalam program ini, UPN “Veteran” Yogyakarta  berhasil meraih juara 2, kategori Organisasi Mahasiswa program Wira Desa. Kategori program ini diraih oleh Tim Giriwiradaya dari Unit Kegiatan Mahasiswa Interdisciplinary Scientific Research UPN “Veteran” yang diketuai oleh Ahmad Nur Rohim Agroteknologi’18, dengan anggota Alfian Nur Rahman Agribisnis’18, Shaffira Ayuning Byzhura Manajemen’19, Dewi Anggraeni Sekarwati Agroteknologi’19, Khairul Asrori Teknik Kimia’18, dan Ardya Rahmawati Laras Septi Agroteknologi’18. Pada ajang ini tim Giriwiradaya mengusung judul program “Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan Manajerial dan Pendampingan Usaha Di Desa Girirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta”.

“Alhamdulilah UPN “Veteran” Yogyakarta meraih juara 2 ajang Abdidaya 2021. Semoga UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi pelopor perubahan yang dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat,” tambah Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan dan Kerjasama UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dr. Ir. Singgih Saptono, MT berharap, prestasi ini dapat menjadi inspirasi untuk mengabdi pada negeri dan semakin menumbuhkan jiwa pengabdiannya dan dapat melahirkan pemberdaya-pemberdaya muda yang dapat menjawab tantangan global.

Dr. Hendro Wijanarko, MS selaku Kepala  Lembaga Penelitian  dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN “Veteran” Yogyakarta menyampaikan  apresiasi  atas capaian yang telah diperoleh mahasiswa UPNVY.  “Melalui Abdidaya 2021 ini, kita dapat melihat bahwa kualitas mahasiswa UPNVY semakin berdaya saing tinggi terutama dalam hal pemberdaya masyarakat, mampu memberikan solusi yang inovatif serta tepat sasaran, berangkat dari permasalahan yang digali dari kehidupan masyarakat desa. Bagi UPNVY, pencapaian ini merupakan tombak awal untuk melangkah bersaing di tingkat nasional.” terang Hendro.

Oliver Samuel Simanjuntak, S.Kom., M.Eng., UPN “Veteran” Yogyakarta selaku dosen pendamping UKM ISR dan juga pendamping dalam hibah pengabdian masyarakat menyampaikan tahun 2021 Kemendikbudristek mendanai 81 proposal dari 1.505 total proposal Wira Desa. Di tingkat ini, Tim UKM ISR UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi salah satu judul yang didanai. Hingga akhirnya, Tim UKM ISR UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil meloloskan Pemerintah Desa Girirejo pada Nominator Lembaga Mitra Desa Program Wira Desa 2021 dan dinobatkan sebagai JUARA 2 (Medali Silver) di tingkat nasional (6/12).

Ibu Dwi Yuli Purwanti, SH selaku Lurah Girirejo mengucapkan terima kasih kepada Tim Giriwiradaya UKM ISR UPN “Veteran” Yogyakarta yang telah membawa Desa Girirejo meraih juara. Melalui produk unggulan yang diangkat yaitu produk wedang uwuh Arum Sari, criping pisang Rejos, bakso tusuk Payaman, dan kerajinan keris serta batik Girirejo. “Luar biasa Tim UPNVY, mulai dari survei di bulan Mei hingga bulan Desember, siang dan malam gigih dan tak kenal lelah, bermukim berbulan-bulan di Desa Girirejo, kini membuahkan hasil. Alhamdullilah, pencapaian ini kami persembahkan kepada masyarakat Desa Girirejo, Imogiri. Dengan program ini, kami warga Girirejo menjadi bertambah pengetahuan, mutu produksi, dan pemasaran produk UMKM. Kami terbantu dengan adanya berbagai kerjasama.” Beliau juga berharap di tahun berikutnya terdapat keberlanjutan program dan pendampingan dari UPNVY dalam bentuk program lainnya yang tidak kalah manfaatnya dari Program Wira Desa.

Sementara itu, Ahmad sebagai ketua tim berterima kasih atas nama tim dan volunterr untuk dukungan dan semangat dari pihak kampus UPNVY, BINWA, dan para dosen yang telah memberikan kesempatan bersama kami dan @isrupnvyk. “Alhamdulilah, puji syukur kepada Allah SWT, pengalaman yang sangat berharga dan tidak akan terlupakan bagi kami Tim Giriwiradaya. Banyak hal yang kami peroleh selama tinggal bersama di Desa Girirejo. Kami sangat bangga di puncak acara pengabdian Abdidaya 2021 dapat membawa nama baik kampus tercinta UPN “Veteran” Yogyakarta dan Desa Girirejo keluar sebagai pemenang nominator. Semoga keberhasilan tim kami dari UKM ISR ini dapat menginspirasi bagi teman-teman mahasiswa UKM dan ORMAWA di lingkungan UPNVY untuk berkarya dan berinovasi hingga mengaplikasikan secara langsung kepada masyarakat melalui program PHP2D, P3D, dan Wira Desa di tahun berikutnya. Mari sukseskan gerakan No Gabut No Mager,” tuturnya.