UPNYK Tuan Rumah Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara 2023

  • Jumat 29 September 2023 , 02:21
  • Oleh : Dewi
  • 1725
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Tenda Peserta Jambore di Lapangan UPNYK. Sumber: Humas UPNYK

JOGJA - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) mengundang Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia untuk ikutserta dalam acara Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara Tahun 2023 (Jamnas). Acara ini digelar kembali dengan mengusung tema "Mahasiswa Berperan Aktif dalam Membangun Kedaulatan dan Ketahanan Bangsa".

Dalam acara ini, UPN Veteran Yogyakarta selaku tuan rumah akan mengadakan berbagai rangkaian kegiatan berbasis Bela Negara selama tiga hari (29 September 2023 – 1 Oktober 2023). Sejauh ini target peserta telah tercapai sejumlah 260 peserta sebarannya datang dari 17 Universitas di seluruh Indonesia. Hari Kusuma Satria Negara selaku Ketua Pelaksana menyampaikan harapannya melalui rangkaian acaranya, mahasiswa mampu untuk membangun kesadaran, tanggung jawab bersama serta turut berperan aktif dalam menjaga keamanan, pertahanan, serta stabilitas negara. “Harapannya sebenarnya pertama tadi kepada peserta itu semakin muncul nilai bila negaranya kecintaan tanah airnya,” Ujarnya.

Rangkaian acara Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara Tahun 2023 digelar berturut-turut selama tiga hari mulai 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023. Upacara pembukaan akan dilakukan di Lapangan UPN "Veteran" Yogyakarta dan dilanjutkan dengan Pawai Harmoni Ragam Budaya.

Selain itu, terdapat kegiatan outbond dengan tema Pendidikan Karakter dan Nasionalisme yang akan dilaksanakan di hari kedua. Terdapat 4 pos outbond yang meliputi lomba Baris-berbaris, Tali-temali, Rapeling, dan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat.

Hari juga menambahkan sebelum upacara penutupan, para peserta akan memulai perjalanan sejauh 3 kilometer dengan berjalan kaki. “Harapannya mereka akan siap lah untuk bela negara jika negara tidak dalam kondisi perang karena sekarang bela negara itu tidak harus perang, tapi kan bagaimana kita mencintai produk Indonesia bagaimana kita menjaga lingkungan itu kan ujung-ujung bila negara yang sederhana seperti itu,“ tutur Hari.  Sepanjang perjalanan peserta akan melakukan aksi "Jaga Bumi" dengan mengumpulkan sampah di sepanjang jalan yang dilewati menuju Titik Nol Kilometer atau Monumen Serangan Umum 1 Maret. Aksi ini menjadi wujud paling sederhana dalam implementasi semangat bela negara yang relevan di era sekarang ini.

Pandji Dwi Ashrianto sebagai Humas Jamnas menuturkan melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat mengaktualisasikan peran penting mereka dalam upaya memperkuat kedaulatan dan ketahanan bangsa. Dengan memahami isu-isu strategis dan terlibat dalam berbagai kegiatan konstruktif, mahasiswa dapat memberikan kontribusi berarti dalam membangun Indonesia yang lebih tangguh, berdaya saing, dan berkeadilan. (dimas)

Berita ini juga dapat di akses pada:

https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/29/122201671/jamnas-mahasiswa-bela-negara-di-upnvy-tumbuhkan-semangat-membangun-indonesia

https://beritabernas.com/260-peserta-dari-17-perguruan-tinggi-di-indonesia-mengikuti-jamnas-mahasiswa/

https://indonesiakini.go.id/berita/9468591/upnyk-tuan-rumah-jambore-nasional-mahasiswa-bela-negara-2023