14 MAHASISWA UPNVYK LOLOS SELEKSI PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR KE LUAR NEGERI

  • Senin 29 Agustus 2022 , 02:41
  • Oleh : Dewi
  • 1833
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Sebanyak 14 mahasiswa UPNVYK lolos seleksi program pertukaran pelajar ke luar negeri tahun 2022. Rektor UPN, Prof. DR. Muhammad Irhas Effendi, M.Si melepas secara langsung pada jumat (12/8) di Jogja, DIY. “Selamat kepada para mahasiswa yang sudah berhasil lolos seleksi student exchange ke luar negeri dari berbagai fakultas, semoga bisa menjaga nama baik almamater UPNVYK dengan baik,” ucap Irhas.

 

Mahasiswa yang diberangkatkan berasal dari berbagai program pertukaran pelajar ke luar negeri yang ada di UPNVYK diantaranya Indonesia International Mobility Awards (IISMA) dan International Credit Transfer (ICT). Kepala UPT Bahasa dan layanan internasional UPNVYK, Dr. Ir. RR. Rukmowati Brotodjojo, M. Agr, menyampaikan bahwa tahun ini, jumlah mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri meningkat dari tahun 2021.

“Untuk 14 mahasiswa yang lolos ada tujuh universitas tujuan antara lain, Universidad Autonoma de madrid, University of Pecs, University of Liverpool, Cheng Shiu University, Sapienza University of Rome, Universiti Malaya dan Eszterhazy Karoly University Hungary,” ungkap Rukmo. Dari 14 mahasiswa yang mengikuti program studi Exchange, Lima diantaranya merupakan peserta yang lolos program beasiswa Indonesia International Mobility Awards (IISMA) dan Vokasi IISMA tahun 2022.

Penghargaan Mobilitas Mahasiswa Internasional Indonesia (IISMA) adalah skema beasiswa dari Pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai siswa Indonesia supaya mengikuti program mobilitas di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri. Program IISMA mencakup dua jalur yaitu untuk mahasiswa sarjana dan vokasi. Dengan IISMA, mahasiswa bisa menghabiskan satu semester di lembaga mitra terkemuka. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, Rukmowati yang juga merupakan dosen fakultas pertanian mengakui bahwa IISMA tahun ini mekin ketat, hal itu karena jumlah pelamar semakin banyak dan kualitas mahasiswa yang semakin baik. Dikutip dari lama kemendikbud.go.id, tercatat, pendaftar yang membuat akun di platform pendaftaran IISMA jalur sarjana mencapai 19.724 akun. Sementara yang melengkapi pendaftaran mencapai 7.501 mahasiswa dari 253 perguruan tinggi akademik. Untuk IISMA jalur vokasi, tercatat ada 3.512 akun pendaftaran, dan 1.209 mahasiswa dari 97 Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) yang melengkapi pendaftaran.

Kehadiran mahasiswa UPNVYK dalam program IISMA dan program pertukaran pelajar ke luar negeri lainnya diharapkan mengharumkan nama UPNVYK di kancah internasional dengan memberikan hasil terbaik di Universitas luar.