40 Mahasiswa UPNYK Terima Beasiswa Program Bayan Peduli

  • Selasa 23 Januari 2024 , 12:29
  • Oleh : Admin
  • 1185
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Sambutan perwakilan PT Bayan Resources saat penyerahan beasiswa Bayan Peduli. Sumber: Humas UPNYK

INFOUPNYK - Sebanyak 40 mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menerima beasiswa penuh dari PT. Bayan Resources Tbk dalam program Bayan Peduli batch pertama pada hari Selasa (22/1/2024). Program beasiswa ini diberikan dalam bentuk beasiswa penuh (full scholarship) dengan tujuan untuk mendukung pendidikan tinggi di Indonesia.

Program beasiswa ini mencakup pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya penelitian tugas akhir, biaya hidup, akomodasi, dan biaya akomodasi selama maksimal 4 tahun akademik atau 8 semester. Biaya hidup dan akomodasi (living cost) akan disalurkan secara berkala setiap bulannya, dengan jumlah Rp. 2.100.000, terhitung mulai bulan Agustus tahun 2023.

Selain itu, para penerima beasiswa juga akan menerima perangkat Laptop sebagai sarana penunjang belajar. Ini diharapkan dapat membantu mereka dalam menyelesaikan studi dengan lebih baik.

Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UPNYK, menyatakan dalam sambutannya, program ini akan menjadi tanggung jawab bagi mahasiswa selaku penerima agar memanfaatkan beasiswanya sebagai sarana pengembangan potensi diri.

"Ini adalah sebuah amanah, karena hanya sekitar 329 mahasiswa yang lolos seleksi dari total 8000 mahasiswa di Indonesia yang mengikuti program ini. Sehingga ini adalah tanggung jawab bagi anda (penerima beasiswa) untuk menjadi pintar, baik secara akademis atau secara soft skill," ucap Singgih (22/1/2024).

Lebih lanjut, Dr. Singgih Saptono menekankan pentingnya kedisiplinan dan pengembangan kelebihan diri setelah menerima beasiswa.

"Jadi saya minta anda setelah menerima beasiswa ini, anda harus tepat waktu dalam kuliah, kemudian anda juga harus punya kelebihan. Entah kelebihan seperti skill enterpreneur, kelebihan yang lain juga termasuk berorganisasi," lanjutnya.

Sebagai angkatan pertama dari program "Bayan Peduli", para penerima beasiswa akan menjadi contoh untuk penilaian efektivitas program tersebut. Ahmad Syahrullah, Perwakilan PT Bayan Resources Tbk, berharap para penerima beasiswa akan berfokus untuk berprestasi dan mencurahkan perhatian pada pendidikan mereka, lantaran terdapat kemungkinan untuk menambah kuota dari penerima program ini.

"Memang benar tolok ukur pertama dari program ini adalah adik-adik (mahasiswa penerima beasiswa) ini sekalian. Kita akan lihat nilai akademisnya, tindak perilakunya seperti apa, jadi tidak menutup kemungkinan dari empat puluh ini akan bertambah jumlahnya," ucapnya dalam sambutannya (22/1/2024).

Ahmad juga mengucapkan terima kasih kepada UPNYK atas dukungan dalam penyelenggaraan program "Bayan Peduli," dari proses tanda tangan kerjasama hingga penetapan penerima beasiswa.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas komunikasi dan bantuan tim dari UPNYK yang banyak membantu jalannya program "Bayan Peduli" dari proses ttd kerjasama dan pembahasan seleksi, baik administrasi, wawancara, hingga penetapan penerima beasiswa," tutupnya.

Untuk diketahui PT Bayan Resources Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri pertambangan batubara. Pada program "Bayan Peduli" ini UPNYK terpilih menjadi salah satu dari delapan Universitas di Indonesia yang menjadi sasaran program Corporate Social Responsibility (CSR) ini.