5.228 Mahasiswa Baru UPNV YK Akan Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Belanegara 2023

  • Kamis 10 Agustus 2023 , 09:43
  • Oleh : Dewi
  • 919
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) akan menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) Tahun Ajaran 2023/2024 pada 12-19 Agustus 2023 mendatang. PKKBN 2023 bertema 'Menyiapkan Generasi Pioner Pembangunan Berkarakter Bela Negara Untuk Menjaga Keberlanjutan NKRI Menuju Indonesia Emas' akan diikuti 5.040 mahasiswa baru.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama UPNV YK, Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T., IPM. mengatakan secara umum tujuan dari PKKBN 2023 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan tinggi di UPNV YK. Persiapan PKKBN 2023 sudah dilakukan secara matang agar target pelaksanaan PKKBN bisa tercapai dengan baik.

Dia menjelaskan, PKKBN menjadi agenda penting bagi mahasiswa baru sebagai masa transisi dari pelajar menjadi mahasiswa. Melalui PKKBN mahasiswa baru akan dikenalkan dengan kehidupan kampus dan sistem pembelajaran di perguruan tinggi.

"Ini menjadi masa transisi bagi mahasiswa baru untuk menjadi manusia dewasa. Mahasiswa baru akan dikenalkan dengan keorganisasian, pengembangan karakter bela negara, dan lainnya. Kami berharap kegiatan PKKBN bisa diikuti dengan baik oleh semua mahasiswa baru yang telah resmi menjadi keluarga UPNV YK," ucapnya, Kamis (10/8/2023).

Peserta PKKBN dihimbau untuk mempersiapkan diri dengan baik dan selalu mengikuti update informasi di website https://pkk-bn.upnyk.ac.id dan juga Instagram UPNV YK. Di dalam pelaksanaan PKKBN peserta akan dibagi menjadi beberapa gugus, setiap gugus akan didampingi dua kakak asuh.

"Kakak asuh ini sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan di Markas Komando Pasukan Khusus Grup 2 (Kopassus Grup 2) pada 7-8 Agustus 2023. Dalam pelaksanaan PKKBN mahasiswa harus menggunakan atribut sesuai ketentuan, sehingga perlu memperhatikan panduan yang telah diberikan," ucapnya.

Pelaksanaan PKKBN 2023 tidak hanya dilaksanakan di Kampus UPNV YK saja, namun juga di Yonif Mekanis 403 (Yonmek 403), Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Di sini mahasiswa akan dikenalkan pada kedisiplinan, kerjasama tim, kekompakan, hingga jiwa pantang menyerah.

Melalui kegiatan PKKBN diharapkan mahasiswa baru bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan belajar baru di kampus. Mereka juga akan diberikan pemahaman tentang berbagai macam tantangan yang akan dihadapi kedepannya. Globalisasi dan perkembangan teknologi akan menjadi peluang sekaligus tantangan kedepannya.

"Hadirnya kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan menjadi hal baru bagi bagi mereka. Di dalam proses pembelajaran nantinya akan lebih fleksibel, tidak hanya pertemuan dosen dan mahasiswa di ruang kelas. Ini juga perlu jadi pemahaman," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan melalui PKKBN, mahasiswa baru juga akan dikenalkan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian kepada masyarakat menjadi tujuan yang harus dicapai perguruan tinggi.

"Mahasiswa baru juga akan dikenalkan dengan Dosen, Tendik di masing-masing Fakultas. Serta berbagai fasilitas dan organisasi kampus yang bisa dimanfaatkan nantinya."

Banyak fasilitas yang disediakan UPNV YK untuk mendukung prestasi mahasiswa. Tidak hanya fasilitas untuk mengejar prestasi akademik, UPNV YK juga konsen memberikan dukungan pada prestasi-prestasi non akademik lainnya.