8 Beswan Djarum Dari UPNVY Ikuti Nation Building

  • Kamis 27 September 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1199
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Delapan mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) penerima Beasiswa Djarum Plus angkatan ke-33 tahun 2017/2018 (Beswan Djarum) didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Singgih Saptono menghadiri Nation Building di Semarang, Jumat (21/09/2018).

Kedelapan mahasiswa tersebut yaitu Linda Eka Farhana (Agribisnis), Atikka Rismawati (Akuntansi), Yola Sekar (Hubungan Internasional), Alfienna Intan (Teknik Kimia), Octavina (Teknik Informatika), Teuku Arinal Wakil (Teknik Perminyakan), Aprillie (Teknik Perminyakan) dan Yusuf Rahmawan (Teknik Perminyakan). Mereka menjadi bagian 500 Beswan setelah terpilih diantara 15.741 pendaftar.

Nation Building adalah sebuah puncak dari rangkaian pembekalan soft skills untuk para penerima Beswan Djarum untuk menguatkan nasionalisme dan wawasan kebangsaan. Gelaran ini diselenggarakan oleh Bakti Pendidikan Djarum Beasiswa Plus

Tahun ini, Nation Building diikuti hampir seluruh Beswan Djarum 2017/2018 dari 90 perguruan tinggi di 34 provinsi. Selama lima hari, pada 21–25 September 2018 mereka mengikuti rangkaian acara Nation Building di Kudus dan Semarang.

Rangkaian acara terdiri dari talkshow kebangsaan dengan tema Pancasila bagi Generasi Muda yang menghadirkan tokoh-tokoh ternama tanah air sebagai pembicara, seperti Mahfud MD, Reza Rahardian, Inayah Wahid dan Sarjoko serta dimoderatori oleh presenter ternama Rosiana Silalahi. Acara talkshow kebangsaan ditutup dengan penampilan dari grup vokal ternama, GAC (Gamaliel Audrey Cantika).

Beswan Djarum 2017/2018 juga mengikuti Cultural Visit di Kota Kudus, Jawa Tengah. Para beswan diajak mengunjungi kantor pusat PT. Djarum meliputi PT. Djarum Oasis, PB Djarum dan berkesempatan melihat langsung proses pembuatan produk rokok djarum. Selain itu, beswan dari Sabang sampai Merauke juga diajak untuk mengunjungi Masjid Menara Kudus. Rangkaian acara lainnya adalah latihan persiapan pagelaran untuk Malam Dharma Puruhita. Beswan djarum dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu tim choir dan tim teater. Selama 5 hari dari pagi hingga malam hari, para beswan dilatih oleh Denny Malik Entertainment untuk menampilkan sebuah pagelaran drama musikal.

Puncaknya yaitu Malam Dharma Puruhita yang digelar di Marina Convention Centre Semarang dengan menampilkan drama musikal bertema “Jejak Kirana Nusantara”. Dram a ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia mulai dari masa kerajaan, masa perjuangan. Pagelaran ini dihadiri oleh pimpinan Perguruan Tinggi dari universitas mitra Djarum Beasiswa Plus seluruh Indonesia. (linda)