BEM UPN Veteran Yogyakarta Kunjungi Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI

  • Selasa 10 September 2024 , 03:25
  • Oleh : Dewi
  • 391
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Sebanyak 30 pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta melakukan kunjungan ke Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia dalam rangka Government Visit  pada Selasa (3/9/2024).

Kunjungan yang berlangsung dari pukul 09.30 hingga 12.00 WIB ini, diterima oleh Asisten Deputi Wawasan Kebangsaan dan Pertahanan Keamanan, Deputi Bidang Dujak Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Muharromi S.IP., M. PubAdmin dan Staf Ahli Kantor Wakil Presiden, Dr. Kaharuddin Sulaiman, S.Ag., L.LM.

Sementara itu, turut mendampingi anggota BEM KM UPN Veteran Yogyakarta yakni Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Hendro Widjanarko, S.E., M.M. dan Koordinator Kemahasiswaan Marcus Kusnardijanto, S. Sos.

Kegiatan Government Visit ini, menjadi kesempatan bagi anggota BEM KM UPN Veteran Yogyakarta untuk menjalin komunikasi dan kerja sama yang lebih erat dengan Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI. Hal ini diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi di masa depan, baik dalam hal program mahasiswa maupun kegiatan Bela Negara yang lebih luas.

Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan informasi langsung mengenai kebijakan dan program pemerintah terkait wawasan kebangsaan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan pemahaman para pengurus BEM KM UPN Veteran Yogyakarta mengenai peran Wakil Presiden dalam upaya pembangunan nasional, terutama dalam memperkuat wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara.

Dengan demikian, para pengurus BEM KM diharapkan bisa mengimplementasikan pemahaman ini dalam kegiatan mereka di kampus, baik dalam aspek organisasi maupun akademik.

Salah salah satu peserta kunjungan, Dominika Dwiyanti Zena Da Costa, mengaku menyambut baik kegiatan ini.

"Kegiatan ini dikemas sangat menarik dan bermanfaat untuk kami, terutama dalam memahami peran Wakil Presiden dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan landasan bela negara. Sangat penting bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari sumber yang berpengaruh di pemerintahan,” ujar Niken, sapaan akrabnya.

Mahasiswi Jurusan Akuntansi  sekaligus Kepala Bidang Hubungan Luar BEM KM UPN Veteran Yogyakarta ini, juga berharap agar kegiatan serupa dapat terus diselenggarakan setiap tahun sebagai bentuk pengembangan soft skills dan hard skills mahasiswa.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung agar kami bisa mendapatkan lebih banyak pembelajaran langsung dari praktisi pemerintahan, selain dari apa yang kami pelajari di kelas," tambah Niken.

Disisi lain, pihak Sekretariat Wakil Presiden RI mengapresiasi Government Visit BEM KM UPN Veteran Yogyakarta sebagai langkah positif untuk memperkuat pemahaman mahasiswa tentang peran pemerintah dalam wawasan kebangsaan dan bela negara. Kegiatan ini dinilai menunjukkan kepedulian mahasiswa terhadap kebijakan publik dan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dengan organisasi mahasiswa dalam mendukung penguatan nilai-nilai kebangsaan di kalangan generasi muda.

 

Government Visit  tidak hanya memberikan wawasan baru bagi para pengurus BEM, tetapi juga memperkuat komitmen mereka untuk terus mendukung program pemerintah dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan bela negara di kalangan mahasiswa.

Penulis: Devindra Ghiffary