CAROL EMMANUEL, MAHASISWA UPN VETERAN YOGYAKARTA PERAIH BEASISWA IISMA 2022 KE UNIVERSITY OF PECS HUNGARY

  • Rabu 18 Mei 2022 , 03:57 PM
  • Oleh : Dewi
  • 723
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Carol Emmanuel Yunior Rikin, mahasiswa asal program studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2019 dinyatakan lolos seleksi program beasiswa Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2022. Carol berkesempatan menghabiskan satu semester di University of Pecs Hungariy dengan mengambil empat Courses yaitu Sustainable Development and Environmental Protection,  Organizational Behaviour, The EU in International Affairs, serta Introduction to the Ancient Greek and Roman World.

Melansir informasi dari laman resminya, IISMA merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini bertujuan memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Carol menuturkan motivasinya mendaftar program beasiswa IISMA adalah karena program ini mewujudkan salah satu mimpinya untuk pergi ke luar negeri dan mengenal budaya di luar Indonesia. “Saya ingin menjadi warga dunia nyata untuk memahami sudut pandang lain di luar negara saya. Saya menyadari bahwa program ini akan memberi setiap tujuan yang ingin saya capai dengan pengembangan soft skill berupa komunikasi, kepemimpinan, berpikir kritis, dan analisis masalah. Program ini juga memungkinkan saya untuk mengetahui inovasi teknologi terkini di setiap negara sehingga saya dapat memperoleh wawasan,” pungkasnya.

Bukan tanpa alasan, University Of Pecs Hungary dipilih karena berdasarkan keterangan dari Carol Hungariy merupakan salah satu negara tertua di Eropa dengan kebudayaan yang sangat beragam dan menarik untuk dipelajari. Selain itu, University of Pecs juga merupakan universitas dengan akreditasi sangat baik dan merupakan universitas yang mendukung pengembangan di bidang pendidikan, kesehatan, seni dan budaya. Hal tersebut tentu mendukung tercapainya tujuan Carol yaitu menjadi pribadi yang mau mengenal dan memahami budaya luar.

Lebih lanjut, Carol menuturkan bahwa untuk dinyatakan lolos seleksi beasiswa IISMA setidaknya dirinya harus melalui tiga tahapan yaitu yang pertama seleksi berkas, pada tahap ini dirinya diharuskan mengumpulkan English Proficiency Test (EPT), Surat rekomendasi Universitas, dan Validasi sebagai mahasiswa yang berperilaku baik. Lalu tahapan yang kedua yaitu Tes Kebangsaan, dimana dirinya diminta memilih perilaku yang paling cocok dengan kepribadian sebagai warga negara Indonesia yang menganut Pancasila. Setelah tes kebangsaan, seleksi dilanjutkan dengan tahap Interview yang kegiatannya berupa wawancara berdasarkan jawaban essay dan data yang di submit pada website IISMA. Interview tersebut merupakan tahap terakhir sebelum Carol serta pelamar terpilih lainnya mendapatkan pengumuman Final Awardee.

Setelah dinyatakan lolos seleksi, Carol merasa sangat terharu sekaligus senang karena bisa sampai di titik tersebut. “Saya merasa terhormat karena bisa mewakili jurusan, fakultas, terutama UPN Veteran Yogyakarta dan Indonesia untuk belajar budaya luar dan mengenalkan budaya Indonesia ke luar negeri,” ungkapnya.  Meskipun demikian, Carol mengaku bahwa proses yang dilalui nya tidaklah mudah.  Tantangan terberat yang dihadapi ialah pada saat pembuatan essay karena meskipun pertanyaan yang harus dijawab terkesan mudah, tetapi dirinya harus menjawab secara runtut, jelas, dan menyeluruh.

Pada akhir pembicaraan, Carol membagikan tips dan trick bagi mahasiswa lain yang juga memiliki minat mendaftar IISMA. Yang pertama yaitu menentukan EPT apa yang ingin diambil. “Bisa IELTS, TOEFL, ataupun DET. Lalu, boleh latihan sebelum mengambil tesnya agar mendapatkan hasil yang terbaik,” paparnya. Selanjutnya yaitu selalu pantau informasi dari akun media sosial IISMA dan OIA UPNYK agar dapat mengatur kapan waktu untuk melengkapi berkas dan membuat essay. Tips ketiga yaitu lihat daftar universitas dan negara yang sekarang ada di IISMA guna memperkuat minat dan bisa menjadi acuan ketika menjawab jawaban. Dan yang terakhir namun tidak kalah penting, Carol berpesan agar mahasiswa calon pendaftar IISMA harus memiliki kepercayaan diri. “Believe in yourself! Meskipun banyak pendaftar, yakinlah kalau kita punya potensi masing-masing yang bisa kita tawarkan di IISMA ini. Kemas dengan sempurna agar panitia yakin dengan kalian sebagai calon awardee nanti,” tutup Carol.

Previous Next