Ciptakan Inovasi Food Estate, Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Sabet Medali di PIMNAS 37

  • Senin 21 Oktober 2024 , 09:28
  • Oleh : Dewi
  • 135
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Raih Medali di PIMNAS

SURABAYA - Empat mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta sukses meraih medali perunggu dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37, yang diadakan di Universitas Airlangga, Surabaya, pada 14-18 Oktober 2024.

Tim yang dipimpin oleh Raden Herjun Desta Kresna Harsono, serta beranggotakan Ryan Keane Mahardika Pratama, Amanda Nur Affrida, dan Nafisa Iliyanasafa, mengusung inovasi berjudul “TRIODEON: Food Estate dengan Konsep Colosseum Berbasis Mandiri Energi yang Bersifat Kontinu untuk Mengatasi Ketahanan Pangan di Indonesia.” Proyek ini menawarkan solusi ketahanan pangan berkelanjutan melalui integrasi food estate dengan energi mandiri.

Ditemui pasca penganugerahan, Ketua Tim Trioden, Raden Herjun menyatakan rasa bangga dan haru setelah menerima penghargaan.

"Sebetulnya sesuatu yang enggak kami sangka, karena kami sangat berharap di kategori poster sebetulnya. Saat diumumkan pemenang poster dan kami enggak dapet itu agak sedikit down karena di kategori satunya yaitu presentasi kami merasa kurang maksimal. Meskipun saat sesi tanya jawab, kami hanya mendapat sedikit dan sebenarnya malah mendapat saran dan pujian, tidak mendapat kritik sebetulnya.”

Dosen Pendamping tim, Dr. Heri Septya Kusuma, S.Si., M.T., juga turut menyampaikan rasa bangganya.

"Saya ucapkan selamat kepada tim atas prestasi ini. Semoga di masa depan semakin banyak tim dari UPN Veteran Yogyakarta yang bisa menyusul, dan semoga kita bisa meraih prestasi lebih baik lagi di PIMNAS berikutnya," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Amanda, salah satu anggota tim TRIDEON merasa bangga dengan prestasi ini

“Kami merasa bangga dan beruntung tentunya karena ini merupakan tahun pertama kami ikut PKM, dan tidak menyangka bisa semulus ini, mulai dari lolos pendanaan, mendapat penghargaan sebagai tim dengan ide terkreatif, hingga sekarang bisa mendapat medali di PIMNAS sebagai puncaknya” ungkapnya.

Sebagai tambahan informasi, PIMNAS merupakan ajang kompetisi ilmiah tahunan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ajang bergengsi ini, merupakan puncak dari rangkaian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa di seluruh Indonesia mengembangkan solusi kreatif dan inovatif terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.

Dalam gelaran PIMNAS 37 di Universitas Airlangga ini, perolehan medali dari Raden Herjun dan kawan kawan sukses mengantarkan UPN Veteran Yogyakarta ke peringkat 25 secara nasional.

 

(Devindra Ghiffary)