Dosen Teknik Pertambangan UPNYK Berhasil Meraih Gelar ASEAN ENG

  • Jumat 17 November 2023 , 09:09
  • Oleh : Dewi
  • 4982
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK- Dosen Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNYK) sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerja Sama UPNVY, Dr. Ir. Ir. Singgih Saptono, MT. IPM berhasil meraih gelar ASEAN Engineer (ASEAN Eng).

Pemberian sertifikat dan medali ASEAN Engineer Register (AER) 2023 akan dilakukan dalam rangkaian acara Conference on ASEAN Federation of Engineering Organization pada 21-23 November 2023 di Bali International Convention Centre (BICC), Bali. AER merupakan sertifikasi yang diberikan kepada para insinyur profesional oleh ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO).

Singgih Saptono mengucapkan syukur atas gelar yang berhasil diraih. Diharapkan melalui gelar barunya ini profesi insinyur bisa semakin siap menghadapi persaingan internasional, sebab sudah punya standarisasi melalui sertifikasi.

"Saya bersyukur bisa mendapatkan gelar ini mewakili UPNYK. Melalui gelar ini artinya keinsinyuran seseorang telah diakui di tingkat ASEAN," paparnya, Jumat (17/11/2023).

Dia mengatakan dewasa ini sudah banyak insinyur yang terlibat di proyek besar di Indonesia. Melalui gelar ini, pintu bagi para insinyur RI untuk terlibat dalam proyek-proyek strategis global semakin terbuka lebar.

"Mobilitasnya akan semakin luas bagi para insinyur. Melalui pengakuan AFEO ini para insinyur bisa saling kerjasama antar insinyur di negara-negara ASEAN," paparnya.

Melalui capaian ini, mewakili UPNYK dia berharap bisa mendorong dosen dan mahasiswa agar bisa mendapatkan capaian gelar di tingkat nasional dan internasional. Sehingga bisa membawa nama baik UPNYK lebih luas lagi dan semakin dikenal.

"Ini bisa menjadi pendorong bagi para akademisi di UPNYK untuk meraih pengakuan baik di tingkat nasional dan global. Semoga bisa memberikan motivasi kepada yang lainnya," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan gelar ASEAN Eng yang berhasil dia peroleh tidak membuatnya mudah berpuas diri. Namun menjadi pemantik untuk generasi muda atau dosen-dosen muda mendapatkan gelar profesional.

"Harus terus belajar dan mengupgrade diri untuk bisa masuk ke taraf internasional yang lebih luas lagi. Saya ucapkan terima kasih kepada UPNYK yang telah memberikan dukungan penuh sehingga bisa sampai posisi ini."