DOSEN UPNVY DAN PENGURUS ISEI JOGJA RAIH DOKTOR DI UNS DENGAN IPK 4,00

  • Rabu 03 November 2021 , 08:15
  • Oleh : Dewi
  • 1806
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

KOMPAS.com - Salah satu dosen FEB UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) dan Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta, Sultan, SE., M.Si., dinyatakan lulus dalam ujian tertutup disertasi. Sultan kuliah S3 di Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (PDIE FEB UNS). Adapun ujian tersebut dilakukan secara hybrid (gabungan daring dan luring). Oleh tim penguji, Sultan, SE., M.Si., diperbolehkan untuk tidak melalui ujian terbuka karena yang bersangkutan telah mempublikasikan artikel dalam jurnal terindeks Scopus Q2.

Dengan demikian promovendus yang menyusun disertasi "Harga Minyak dan Pertumbuhan Ekonomi dalam Siklus Bisnis Perekonomian Indonesia Periode 1970-2019" dinyatakan lulus dan memperoleh gelar Doktor dari PDIE FEB UNS. Penelitian disertasi tersebut bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi: 1. harga minyak domestik Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email 2. pertumbuhan ekonomi 3. inflasi dan nilai tukar di Indonesia periode 1970-2019 secara simultan dinamis "Harga Minyak Domestik dan Pertumbuhan ekonomi di Indonesia diharapkan mampu menjelaskan siklus bisnis perekonomian Indonesia," ujar Sultan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/11/2021). Sedangkan keterkaitan hubungan antara Harga Minyak Domestik dan Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar USD saling mempengaruhi satu yang lainnya dalam siklus bisnis Indonesia. Diperlukan persamaan simultan untuk melihat keterkaitan antar variabel yang saling mempengaruhi tidak cukup hanya dengan persamaan tunggal.

Dijelaskan, dia menggunakan model data simultan dinamis untuk menggambarkan hubungan antara variabel-variabel ekonomi yang pada kenyataannya bersifat dinamis. Estimasi parameter pada model Simultan ECM EG GMM (Time Series_Hac) menggunakan Generalized Method of Moments (GMM) yang dikembangkan oleh Arellano dan Bond. Metode estimasi GMM menghasilkan estimasi parameter yang memiliki sifat tak bias, konsisten dan efisien. "Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel eksogen yaitu pertumbuhan ekonomi dan harga minyak dunia secara signifikan mempengaruhi koefisien variabel endogen yaitu harga minyak domestik," ungkap Sultan. Menurutnya, variabel eksogen yaitu harga minyak domestik dan APBN secara signifikan mempengaruhi koefisien variabel endogen yaitu pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya variabel eksogen yaitu pertumbuhan ekonomi dan jumlah uang beredar secara signifikan mempengaruhi koefisien variabel endogen yaitu inflasi. Selain itu variabel eksogen yaitu harga minyak domestik dan suku bunga secara signifikan mempengaruhi koefisien variabel endogen yaitu nilai tukar rupiah terhadap Dollar USD. Dalam ujian tertutup disertasi tersebut bertindak sebagai penguji yakni:

  1. Izza Mafruhah, SE, M.Si., (Ketua Penguji/Dosen FEB UNS)
  2. Dr.Rahmawati, M.Si, Akt., (Kaprodi PDIE FEB UNS)
  3. A.M Soesilo, M.Sc (Promotor/Dosen FEB UNS)
  4. Siti Aisyah Tri Rahayu, SE, M.Si (Ko-promotor 1/Dosen FEB UNS)
  5. Lukman Hakim, SE, M.Si, Ph.D (Ko-promotor 2)
  6. Dr. Yunastiti, MP (Penguji 1/Dosen FEB UNS)
  7. Tri Mulyaningsih, SE, M.Si, Ph.D (Penguji 2/Dosen FEB UNS)
  8. Y. Sri Susilo, SE, M.Si (Penguji eksternal/Dosen FBE UAJY)

Sultan, SE, M.Si., lulus dengan predikat sangat memuaskan dengan meraih IPK 4,00.

Dosen UPNVY dan Pengurus ISEI Jogja Raih Doktor di UNS dengan IPK 4,00 Halaman all - Kompas.com