Dukung Program MBKM, Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Bekerjasama dengan Pemerintahan Canden, Gelar Aksi Tanam Pohon Bantu Cegah Erosi di Daerah Sungai

  • Selasa 16 November 2021 , 03:35 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1712
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika Fakultas Teknologi  Mineral  UPN “Veteran” Yogyakarta berkolaborasi dengan Society of Exploration Geophysicists menggelar aksi tanam pohon sebagai upaya pencegahan erosi. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (31/10) di Desa Canden Bantul ini turut bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan Canden, Karang Taruna Wiratama Canden, Karang Taruna Pedukuhan Gaten, maupun warga padukuhan Gaten.

“Latar belakang dari kegiatan ini sebenarnya untuk mencegah erosi di daerah sekitar sungai Desa Canden dan sebagai investasi jangka panjang masyarakat dengan menyediakan tanaman buah. Ketika kami sosialisasi ke pihak desa, ternyata kami memiliki visi yang sama karena daerah tersebut juga sedang dibangun menjadi tempat wisata sehingga tujuan kami bertambah untuk mendukung pembangunan tersebut,” ungkap Yandi Fajrahman selaku penanggung jawab kegiatan.

Terdapat berbagai jenis bibit yang di tanam. Mulai dari durian, sirsak, pucuk merah, hingga ketapang. Bibit tersebut didapatkan dari Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung. Setelah sebelumnya dilakukan kerja bakti pembuatan lubang bibit bersama warga, kegiatan penanaman ini diawali dengan penanaman simbolis dari Ketua Jurusan Geofisika dan perangkat desa. Selain penanaman bibit, kegiatan ini juga diikuti dengan pemberian pupuk kepada warga.

Ketua Jurusan Geofisika, Yatini mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak akan berhenti pada aksi menanam bibit pohon saja. “Saya merencanakan untuk membuat desa ini menjadi semacam desa binaan yang berkerja sama dengan UPN. Kita akan menggandeng LPPM sehingga tidak hanya lingkup geofisika saja. Dengan demikian, banyak progam yang bisa dijalankan karena desa itu memang memiliki potensi yang besar,” jelasnya.

Ia juga turut mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah upaya mahasiswa untuk peduli terhadap bangsa sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Menurut Yanti, melalui organisasi yang tersedia sebetulnya mahasiswa memiliki keleluasaan dalam membuat progam yang bisa membawa perubahan kepada lingkungan.

Melalui kegiatan ini, Yandi turut mengungkapkan harapannya. “Semoga kegiatan ini bisa mengembangkan softskill bersosialisasi dan kepedulian teman-teman Teknik Geofisika kepada masyarakat. Selain itu, semoga pohonnya bisa subur dan berbuah sehingga bisa dinikmati para penduduk,” pungkasnya.

Previous Next