Dukungan Teman, Karel Raih Karya Cendekia

  • Selasa 15 Januari 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1396
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Selain kerja keras, dukungan dan doa dari kedua orang tua menjadi salah satu faktor kesuksesan seorang mahasiswa. Begitu pula dukungan dari teman selama berkuliah. Karel Lutan Warda mahasiswa Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral yang pada hari Sabtu (12/1/2019) telah diwisuda merupakan salah satu contohnya.

Pada acara Wisuda Diploma, Sarjana, dan Magister Periode Ke-2 Tahun Akademik 2018/2019, ia meraih nilai cumlaude dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,91. Wisudawan asal Bekasi ini juga menjadi peraih Karya Cendekia dengan total skor 1.043. Sebuah penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi akademis, lulus dalam waktu singkat, berprestasi di luar kampus, dan aktif di kegiatan organisasi maupun sosial.

Menurut Karel, prestasi yang sudah diraihnya saat ini dikarenakan dukungan orang – orang terdekat, yaitu teman.

“Tanpa teman – teman saya tidak mungkin bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu dan mengikuti berbagai kejuaraan.” Katanya.

Selama menjadi mahasiswa, alumni SMA Negeri 1 Bekasi tersebut aktif mengikuti ajang kejuaraan di bidang pertambangan. Ia pernah menjadi Juara Umum III UPN Mining Competition 2016, Juara II Dinamic Cone Penetrometer UPN Mining Competition 2016, Juara II Rock ID Mining Competition,  Juara Umum I UPN Mining Competition 2017.

Pada tahun 2018 ia kembali menorehkan juara. Karel menjadi Juara III Buma Mining Competition 2018, Juara Umum III Mining Competition pada 11th Indonesian Students Mining Competition 2018 di ITB, Juara Umum II Engineering Student Competition Week  IV Tahun 2017 di Universitas Trisakti, Juara I Mine Software dan Written Test pada Engineering Smart Competition 2017 di Universitas Trisakti. Terakhir, ia menjadi Juara I Blasting Vibration Analysis pada 11th ISMC 2018 di ITB.

Diakui Karel, aktivitasnya mengikuti perlombaan cukup menyita waktunya. Apalagi ia juga harus membagi waktu menjadi Asisten Dosen dan pengurus HMPS Teknik Pertambangan.

Selain itu, Karel juga tercatat selalu berperan serta diberbagai seminar dan kepanitiaan di kampus dan luar kampus.

“Kadang saya sering mengantuk di kelas. Jika kita punya banyak teman bisa membantu saat butuh catatan atau diskusi mengenai tugas kuliah. Menjalin kekraban dan saling membantu dengan teman akan bermanfaat.” Katanya. (wwj/humas)