FAKULTAS PERTANIAN UPN VETERAN YOGYAKARTA DUKUNG MBKM MELALUI PROGRAM MENGAJAR DI MA MADANIA

  • Senin 24 Januari 2022 , 10:21 AM
  • Oleh : Dewi
  • 1147
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman –  Pengabdian masyarakat yang terdiri dari tim dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta antara lain Dr. Bambang Supriyanta S.P., M.P., Ir. Heti Herastuti, M.P.,  Dr. Ir. Tuti Setyaningrum, M.Si, dan Ali Hasyim Al Rosyid, S.P., M.Sc., bersama dengan Tim PKM-M @metroponik melakukan edukasi  peningatan pengetahuan smart farming dan digital marketing kepada para siswa MA Madania Bantul.

Pemaparan teknologi smart farming melalui studi lapangan secara langsung ke Kebun Wedomartani Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta (22/01). Kunjungan diawali dengan berkeliling kebun pisang hasil kultur jaringan, kebun buah naga, dan green house tanaman melon hidroponik yang telah menerapkan drip irrigation dengan system IoT. Para siswa juga diajarkan tentang pentingnya digital marketing bagi bisnis milenial dengan harapan dapat mendorong siswa menjadi pelaku digital preneur.

“Saat ini di Kebun Wedomartani Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta dalam proses mengembangkan konsep Agroeduwisata berbasis penerapan Tridarma Perguruan Tinggi sehingga kebun tidak hanya untuk kegiatan akademik. Namun, dapat dimanfaatkan untuk penelitian-pengkajian, pendidikan-pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga apa yang kita miliki dapat bermanfaat bagi orang lain,” ujar Dr. Bambang Supriyanta S.P., M.P selaku kepala Kebun Fakultas Pertanian UPNVY.

“Salah satu pencapaian indek kinerja adalah kemanfaatan teknologi dan kerjasama dengan pihak lain, artinya dosen dan mahasiswa akan dapat diakui oleh pihak luar. Hal tersebut akan mendorong peningkatkan kerjasama dan jaringan, sehingga dapat meningkatkan cakupan poin akreditasi Fakultas Pertanian,” tambahnya.

Allhamdullilah, dengan kunjungan pertama ini kami jadi lebih terbuka lagi terkait dengan teknologi pertanian. Harapan kami semoga MA Madania menjadi berkembang lebih baik terutama bidang pertanian yang sedang kami kembangkan. Terima kasih UPNVY yang telah bersama mencetak siswa kami menjadi calon wirausaha,” ungkap Anis Fatiha, S.Ag., M.Pd  selaku Kepala MA Madania.

Previous Next