Fenomena Lubang Misterius Sukabumi Juga Ada di Negara Lain

  • Kamis 13 September 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1460
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sukabumi (detik.com) - Publik tengah dihebohkan oleh lubang misterius di pesawahan Sukabumi. Ternyata, fenomena alam itu juga dapat dijumpai di sejumlah negara lain.

Diketahui, lubang misterius itu pertama kali muncul sejak Kamis kemarin (6/8). Diameternya 6 meter dengan kedalaman sekitar 6 meter.

Dugaan yang beredar, di dalam lubang itu terdapat hamparan gua yang mengakibatkan permukaan tanah amblas ke dalam. Selain di Sukabumi, fenomena serupa juga terjadi di daerah Gunungkidul pada awal Februari tahun ini.

Menurut Dosen Teknik Geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta, Arif Rianto Budi Nugroho, saat dihubungi detik.com beberapa waktu lalu, fenomena tersebut umum dijumpai di kawasan Karst.

Di luar negeri, fenomena itu sendiri dikenal sebagai sinkhole atau lubang jatuh. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (7/8/2018), beberapa yang cukup populer antara lain:

1. The Devil's Sinkhole, Texas, Amerika Serikat

Berlokasi di negara bagian Texas, Amerika Serikat, traveler dapat menjumpai The Devil's Sinkhole yang populer di kalangan wisatawan. Tak mengapa, lubang ini menjadi landmark sekaligus objek wisata.
Memiliki diameter 15 meter dan kedalaman 42 meter, lubang ini juga menjadi kediaman dari sekitar 3 juta kelelawar. Menanti jutaan kelelawar terbang dari lubang ini jadi salah satu yang dinanti.
Traveler yang penasaran dengan kedalaman lubang ini pun bisa mengintipnya dari platform yang dibangun di sekitarnya. Namun, traveler tetap tak diperbolehkan untuk turun ke dalamnya.

2. Xiaozhai Tiankeng, China

Bergeser ke Chongqing di China, dapat ditemui Xiaozhai Tiankeng atau yang dikenal sebagai sinkhole terdalam di dunia. Tak tanggung-tanggung, kedalamannya mencapai 626 meter!

Bukan hanya dalam, sinkhole ini juga memiliki lebar hingga 537 meter. Saking dalam dan besarnya, salah satu sisinya juga berfungsi sebagai air terjun di musim penghujan.

Traveler yang datang berkunjung pun dapat mengagumi keindahannya lewat 2.800 anak tangga yang dibangun oleh pemerintah setempat.

3. Harwood Hole, Selandia Baru

Sinkhole juga dapat dijumpai di Selandia Baru. Salah satu yang paling populer adalah Harwoods Hole di Taman Nasional Abel Tasman.

Harwood Hole memiliki kedalaman hingga 357 meter. Oleh sebab itu, sinkhole ini cukup populer di kalangan traveler pecinta olahraga vertikal caving.

4. Sima de las Cotorras, Meksiko

Kemudian ada Sima de las Cotorras di sisi Barat Chiapas, Meksiko. Seperti di Harwood Hole, sinkhole ini juga dijadikan objek wisata oleh pemerintah setempat.

Selain bisa mengagumi keindahan Sima de las Cotorras, traveler juga bisa mencoba turun ke dasar hingga mengamati serombongan burung kakatua hijau yang merupakan endemik setempat.

Jadi traveler tak usah panik ketika melihat lubang misterius yang tiba-tiba muncul. Malah punya potensi untuk jadi objek wisata.

Sumber : https://travel.detik.com/international-destination/d-4202248/fenomena-lubang-misterius-sukabumi-juga-ada-di-negara-lain