Festival Sadar Energi

  • Senin 02 Juni 2014 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1707

Wakil Menteri Energi Sumber Daya mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo hari Jum’at 30 Mei 2014 memberikan kuliahnumum di depan civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta bertempat di Ruang seminar gedung Arie Frederik Lasut. Kuliah umum ini merupakan  acara pembuka rangkaian acara festival sadar energi. Festival ini adalah kegiatan  yang ditujukan untuk mendorong masyarakat  khususnya generasi muda untuk lebih peduli akan pentingnya energi  bagi kelangsungan   hidup umat manusia. Acara ini merupakan kerjasama  Kementraian ESDM, yang didukung oleh Satuan Kerja Khusus  Pelaksana Kegiatan  usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Pelaku usaha migas dan Komunitas “Energi Kita”

                Festival ini akan berlangsung  selama bulan Juni 2014 , dimulai  dari Yogyakarta, kemudian akan terus bergulir  ke kota-kota  lain yaitu Makasar, Papua, Bandung dan Bali. “Festival sadar Energi adalah  sebuah pendekatan yang diharapkan  mampu mengkomunikasikan  kondisi energy nasional kepada masyarakat, menyampaikan pengelolaan energy yang lebih baik melalui  pesan sadar  energy secara  lebih dekat dan lebih atraktif. Antara lain  melalui kompetisi film pendek, road show sadar energy serta malam sadar energy (Awarding system) kata  Saleh Abdurrahman  Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian ESDM. Festival diawali  dengan sambutan rektor UPN “Veteran” Yogyakarta yang dibacakan oleh Wakil Rektor I Ir.Nur Indrianti, MT. D.Eng. Dalam sambutannya Rektor mengatakan sangat mendukung adanya acara festival energy dan mengapresiasi  kepada panitia yang telah menunjuk UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai kampus yang pertama dimulainya gerakan sadar energi. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kuliah umum  dari Wakil Menteri ESDM Suslo Siswoutomo mengenai “ Optimalisasi pengelolaan Energi dalam mendukung ketahanan Energi Pangan Nasional”. Acara berikutnya adalah Film making workshop  bersama John De Rantau (Sutradara Film) dan Tony Trismarsanto (sutradara film dokumenter) dan juga  pemutaran film animasi ”Pulau Bintang” serta diskusi bersama Sutradara dan Pengisi, Ray Nayoan dan Umay Shahab dan  hiburan comedian Sakdiah.

Direktur Festival Sadar Energi, Lia Amran  mengungkapkan festival ini merupakan sebuah upaya untuk menyadarkan publik agar “Sadar Energi” bukan hanya slogan, tetapi sebuah gerakan  mendorong partisipasi  publik untuk menghemat energi. “Tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan informasi kepada masyarakat mengenai sadar energy hingga akhirnya menjadi aksi hemat energi yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.” Katanya. Dalam kegiatan festival ini publik juga diajak untuk berperan aktif sebagai “agen perubahan” untuk kampanye sadar energi melalui kompetisi film pendek dan kompetisi  ide cerita film pendek. Kompetisi ini bersifat terbuka  dikuti oleh  pelajar SMP, SMA, Mahasiswa dan Umum.

Previous Next