Gigih Belajar Jadi Modal Ikuti SM

  • Minggu 09 Juli 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1261
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi merupakan impian bagi sebagian besar siswa. Hal itu juga yang diimpikan oleh Afriliani M Handini. Ia bersama kedua rekannya Fatri Wulandari dan Nur Halimah gigih belajar untuk mengikuti Seleksi Mandiri (SM) yang digelar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Afriliani sendiri merupakan peserta bidikmisi dengan nilai UN 32,5.

Bersama 5563 peserta lainnya, Afriliani mengikuti ujian SM yang diselenggarakan Minggu (9/7/2017). Ia memilih di Prodi Teknik Geofisika sebagai pilihan pertama dan Agrotek sebagai pilihan kedua.

Afriliani berharap agar bisa lulus ujian SM UPNVY sehingga dapat menikmati bangku kuliah. Dirinya mengatakan dengan menjadi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dapat mengurangi beban orangtua yang berprofesi sebagai sopir untuk membiayai kuliah.

“Saya sengaja memilih jurusan ini dengan harapan peluangnya banyak. Saya hanya mendaftar di UPN," ujar Afriliani saat menunggu di depan ruang kelas ujian di Kampus UPN Condong Catur.

Anak pertama dari dua bersaudara ini mengaku sudah mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian. Belajar contoh soal hingga berdoa dia lakoni agar bisa lulus. Jika lulus dia berjanji akan bersungguh-sungguh menimba ilmu dibangku kuliah hingga tuntas.

“Sebelum saya kesini saya minta ibu saya berdoa untuk saya. Bapak saya sedang berkerja di Jakarta jadi tidak sempat pamit," katanya.

Di SMK Negeri 1 Depok, para peserta ujian soshum terlihat sudah memasuki ruangan. Berbeda dengan saintek yang memulai ujian pada pukul 8 pagi, peserta soshum memulai pada pukul 10 pagi, salah satunya Maura Kevin (18th).

Ia mengaku sudah belajar gigih untuk menghadapi ujian ini. Pemuda alumni SMA De Brito ini mengaku nilai UN nya tidak begitu baik, sehingga ia belajar lebih giat untuk lolos SM.

“Saya mengikuti jejak ayah memilih di UPN. Selain bagus, saya berharap dengan berkuliah disini dapat membantu orang tua meneruskan usaha dengan bekal ilmu yang saya peroleh,” ujarnya sembari mencari lokasi ruang ujian.

Pada SM kali ini Kevin memilih jurusan Manajemen sebagai pilihan pertama dan Akutansi di pilihan kedua. Selain di UPNVY, dia mengaku juga mendaftar di PTN lain dan Perguruan Tinggi Swasta.

Selamat ujian, semoga sukses !!!

(wwj-dew/humas)