Hari Kedua Ritech, Stand UPNVY Padat Pengunjung.

  • Jumat 10 Agustus 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1051
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

PEKANBARU - Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Haktenas) ke-23 berlangsung meriah. Hadir sebagai tamu kehormatan Presiden Republik Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie.

Puncak peringatan Hakteknas yang diperingati di Komplek Rumah Gubernur Riau, Pekanbaru, Jumat (10/8) itu dihadiri oleh pimpinan dan anggota lembaga tinggi negara, Duta Besar dan perwakilan negara-negara sahabat, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Gubernur Daerah Istimewa Yoyakarta Sultan Hamengkubuwono X, para Kepala LPNK, Pejabat Eselon I dan II Kementerian dan Lembaga, Direktur BUMN, Pimpinan dan Anggota AIPI, DRN dan DRD, para rektor/pimpinan perguruan tinggi, para Kepala Balitbangda, serta komunitas iptek dan inovasi, mahasiswa dan para pemenang dan penerima penghargaan Anugerah Iptek dan Inovasi, Kekayaan Intelektual, SPMI dan Lomba Produk Inovasi Nasional. 

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dalam sambutannya mengatakan bahwa kesiapan kita memasuki era industri 4.0 sangat tergantung kepada kemampuan sumber daya manusia dalam menguasai dan memanfaatkan Iptek dan Inovasi.

"Untuk menata proses transformasi struktur ekonomi kita ke arah industri berteknologi tinggi hingga mencapai _creative innovation_ maka kunci utamanya adalah berinovasi," tegas Menteri Nasir.

Nasir menambahkan sebagaimana negara-negara maju di dunia yang menata ekosistem inovasinya melalui visi perencanaan yang futuristik, strategi perekeyasaan serta riset dan pengembangan yang terfokus.

Pada peringatan Hakteknas tahun ini, UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) turut serta menjadi peserta pameran Ritech Expo yang diselenggarakan tanggal 9 – 12 Agustus 2018.  Pameran Ritech Expo diikuti oleh kurang lebih 120 institusi yang berasal dari perguruan tinggi, Balitbang daerah, kementerian dan lembaga, dunia usaha/industri dan BUMN, unit utama dan program unggulan Kemenristekdikti, asosiasi dan komunitas, demo produk, workshop/seminar, temu bisnis, dan rangkaian perlombaan.

UPNVY menampilkan inovasi di bidang teknologi perminyakan yaitu Rig Tepat Guna. Rig Tepat Guna merupakan inovasi dari dosen Teknik Perminyakan.

“Alhamdulillah banyak pengunjung yang datang di stand UPN, apalagi saat sore menjelang malam. Tidak hanya bertanya tentang materi yang kami pamerkan tapi juga tentang UPN.” Kata Wike Wijayanti, Staf Kerjasama dan Humas, Jumat (10/8/2018).

Tercatat, sebanyak sekitar 500 pengunjung memadati stand UPNVY di hari kedua pameran ini. Wike mengatakan pohaknya optimis pengunjung akan bertambaha pada hari ke tiga dan penutup tanggal 12 Agustus 2018.

“Kami menyediakan berbagai souvenir menarik untuk pengunjung yang dating ke stand UPN. Bagi pengunjung yang berswa foto dan mengunggah ke sosmed akan kami berikan tambahan souvenir,” ujarnya.

Ke depan, UPNVY akan konsisten mengikuti pameran sejenis untuk mempublikasikan hasil penelitian dan inovasi sebagai sarana sosialisasi.

“Kami berharap hasil penelitian di UPN dapat dimanfaatkan oleh indutri dan masyarakat. Ikut serta dalam pameran seperti ini juga merupakan bagian dari apresiasi kepada para peneliti,” katanya. (wwj/humas)