HI FISIP UPN Veteran Yogyakarta Bersinergi Bersama Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI Gelar Kuliah Umum

  • Selasa 14 Mei 2024 , 10:22
  • Oleh : Dewi
  • 320
  • 2 Menit membaca

INFOUPNYK —   Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN "Veteran" Yogyakarta menggelar kuliah umum di ruang Seminar FISIP, Kampus Babarsari UPNVY pada Senin, 13 Mei 2024, dengan menghadirkan Staf Ahli Menteri Luar Negeri, Duta Besar Muhsin Syihab sebagai pembicara, dan dipandu oleh Dr. Nikolaus Loy, S.IP., MA. Acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UPNYK yang terlihat antusias mengikuti jalannya acara.

Kuliah umum tersebut bertujuan  memberikan pemahaman mendalam tentang formulasi kebijakan, tugas, dan fungsi Kementerian Luar Negeri kepada mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UPNYK. Muhsin Syihab, sebagai seorang praktisi di bidang hubungan antar lembaga, memberikan perspektif yang berharga tentang pentingnya terus memperbaharui pengetahuan dan keterampilan dalam bekerja di lapangan.

Menurut Muhsin Syihab, sebagai seorang praktisi mengungkapkan kesempatan ini sangat berharga, ia mengibaratkan kembali ke lingkungan kampus seperti mengisi ulang daya baterai pada smartphone. Refreshing ilmu  adalah kunci untuk menghindari kesalahan dalam mengambil kebijakan yang krusial di bidang diplomasi.

”Kalau tidak kembali ke kampus dan merefresh ilmu kita akan miskin berdialektika tentang perkembang ilmu pengetahuan yang kita geluti, yang dikhawatirkan mengarah pada pengambilan kebijakan yang bersifat dangkal dan berdampak pada posisi indonesia di luar negeri” ucap Muhsyin saat mengawali sesi Kuliah umum.

Sementara itu Kepala jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN "Veteran" Yogyakarta, Aryanta Nugraha, S.IP., M.Si., MA, Ph.D menyampaikan Kuliah umum seperti ini penting bagi para Civitas Akademika Ilmu Hubungan Internasional UPNVY. Menurut Aryanta Nugraha, interaksi langsung dengan praktisi seperti Muhsin Syihab memberikan mahasiswa dan akademisi kesempatan untuk mendapatkan wawasan, pengalaman, dan ilmu yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Dalam wawancara pasca-acara bersama Devon Johanda, seorang mahasiswa yang mengikuti kuliah umum ini, ia menyatakan, "Pemaparan dari Bapak Muhsin Syihab sangat insightful, semua pertanyaan yang ditanyakan dijawab menyeluruh dan tidak pernah singkat. Materi tentang tahap kebijakan juga sangat jelas dan menyeluruh. Pengalaman dan cerita yang dibagikan oleh Bapak Muhsin Syihab sebagai praktisi di bidang hubungan antar lembaga juga memberikan wawasan yang berharga bagi saya selaku Mahasiswa Hubungan Internasional."

Kuliah umum ini menjadi momentum yang berharga bagi para peserta untuk mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru dari seorang praktisi berpengalaman di bidang hubungan antar lembaga. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan dan pengembangan keilmuan di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN "Veteran" Yogyakarta.

devindraghiffary©