HMTA UPNVY GELAR SEMINAR NASIONAL YMCC 2019

  • Selasa 07 Mei 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1404
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman- Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan  UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Youth Mining Comp Competition (YMCC) 2019 bersamaan acara penandatanganan Letter of Intent (LOI) antara UPN “Veteran” Yogyakarta  bersama PT Sandya Bumi Karsa sebagai Ikatan Alumni Tambang (IKATA) dan Micromine Indonesia, Sabtu(4/4) di Ballroom Hotel Merapi Merbabu. Kegiatan seminar nasional ini mengusung tema “ Era Baru Dunia Pertambangan Indonesia” menjadi acara penutup dari rangkaian acara YMCC 2019. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan mutu lulusan dan penyamarataan pendidikan pertambangan di Indonesia.

Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Dr. Irhas Effendi, dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, khususnya bagi mahasiswa dari Program Studi Pertambangan , Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dalam sambutannya ia mengatakan animo pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tertinggi di raih oleh Program Studi Pertambangan,” tegasnya.

“Bayangkan tahun ini, daya tampung dari program studi pertambangan hanya 36 kursi, pendaftarnya mencapai 1.028 peserta. Program studi pertambangan merupakan program studi paling ketat tingkat ketetatannya di tahun 2019,”tambah Rektor dengan bangga.

Selain itu Rektor berpesan kita perlu memaksimalkan produk-produk riset, sehingga riset tidak hanya berhenti pada publikasi, tapi diharapkan mampu memberi kontribusi maksimal kemajuan negara dalam pembangunan.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Edy Nursanto, ST,MT selaku ketua program studi pertambangan mengatakan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang luar biasa dari para sponsor: PT Inalum, PT Multi Harapan Utama, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) PT ANTAM Tbk, PT Bukit Assam, PT Freeport Indonesia, PT J Resoursces Nusantara, PT Micromine Indonesia, PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) PT HC Mining Service, PT Kideco Jaya Agung, PT Multi Tambang Jaya Utama, PT Binuang Mitra Bersama, PT Dahana, PT Naga Borneo Energy, PT Waskita Karya, PT Dhutadarma Utama dan PT Mitra Maju Gemilang (MMG) serta IA Sangatta.

“YMCC 2019 berlangsung 6 hari dimulai dari tanggal 29 April s.d. 4 Mei 2019 dengan rangkaian kegiatan meliputi mining games competition, debate competition, student paper competition, micromine competition, mining expo dan ditutup dengan acara puncak yaitu seminar nasional. Acara kegiatan ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, yang diadakan oleh HMTA sebagai wadah untuk silaturahmi sekaligus penyamarataan pendidikan di antara  universitas-universitas dengan jurusan tambang di Indonesia,” tambah Edy.

Untuk dimengerti kegiatan ini diakhiri pemberian penganugerahan pemenang kompetisi YMCC 2019, yang telah digelar lima hari sejak 29 April - 4 Mei 2019, di Desa Wisata Tinalah, Puroharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

Berikut daftar pemenang, download disini

Humas/Dewi