Ikatan Alumni (IA) UPN Veteran Yogyakarta Gelar Webinar Entrepreneurship

  • Kamis 01 September 2022 , 03:12 PM
  • Oleh : Dewi
  • 273
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Ikatan Alumni (IA) UPN Veteran Yogyakarta kembali menggelar acara webinar dengan mengangkat tema “Entrepreneurship; Bakat atau Keterpaksaan” webinar dilakukan secara live melalui Zoom Meeting.

“Seringkali kita melihat keberhasilan suatu usaha di saat perusahaan sudah memiliki klien atau pelanggan yang banyak dan sustain. Padahal, dibalik itu semua, pasti ada cerita panjang dari pemilik, pendiri, dan pengelola perusahaan.”

Hal itu menjadi salah satu latar belakang diadakannya webinar kali ini dengan mengangkat cerita para alumni UPN Veteran Yogyakarta yang telah berhasil mendirikan usaha. Meskipun, beberapa usaha tersebut tidak selaras dengan bidang keahliannya ketika kuliah.

Dalam sambutannya, H. M. Zahrul Azhar Asumta, S.IP, M.Kes selaku Ketua Umum IA UPN Veteran Yogyakarta mengungkapkan bahwa pelaksanaan webinar menjadi sarana bagi IA UPN Veteran Yogyakarta guna memberikan informasi serta layanan kepada para alumni lain.  “Fungsi kita adalah memberikan informasi dan memberikan layanan kepada alumni yang lain dalam bentuk ilmu seperti ini. Karena yang bisa kita berikan adalah informasi, networking, jaringan, dan juga pengalaman-pengalaman dari senior-senior lain,” ujarnya.

Selama pelaksanaan webinar, terdapat dua narasumber yang keduanya merupakan alumni dari UPN Veteran Yogyakarta. Narasumber yang pertama yakni R. Dono Sumarwoto yang merupakan CEO AJM Group sekaligus salah satu alumni Fakultas Teknik Mineral (FTM) tahun 1991. “Saya merupakan lulusan Teknik Perminyakan yang jatuh bangun di dunia bisnis, jauh dari background perminyakan yang diimpi-impikan semasa kuliah,” ujarnya.

Di sesi pemaparannya, Dono menceritakan terkait perjalanannya dalam melakukan bisnis di media percetakan hingga sekarang beralih digitalisasi (startup) pengiriman paket keluar negeri. “Untuk dapat menjadi seperti sekarang, saya pernah mengalami tiga kali Badai Global yang menerjang,” ungkap CEO AJM Group tersebut.

Sedangkan pada sesi selanjutnya, webinar diisi oleh Rooy Pentury. Ia merupakan Co-Founder PT Banti Indonesia dan seorang alumni Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta pada tahun 2005. Di kesempatan ini, Rooy banyak membagikan informasi mengenai cara memulai usaha, menjalankan perusahaan, dan membangun perusahaan. “Tidak ada rahasia untuk sukses. Ini adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan,” jelas Rooy mengutip kalimat dari Colin Powell.

Seusai pemaparan materi dari kedua narasumber, terdapat sesi tanya jawab yang diikuti para peserta dengan sangat antusias. Hingga menjelang akhir webinar, terdapat lebih dari 100 peserta yang masih tergabung dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Previous Next