DUAN YOGA CRESTIANO, MAHASISWA UPN VETERAN YOGYAKARTA RAIH MEDALI EMAS DALAM PORDA XVI PEPARDA III DIY 2022

  • Jumat 23 September 2022 , 03:02 PM
  • Oleh : Dewi
  • 160
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Duan Yoga Crestiano Kwando, mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan angkatan 2021 UPN Veteran Yogyakarta berhasil meraih medali Emas cabang olahraga Hockey Indoor dalam event Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) III DIY 2022.

 

Dilansir dari laman Informasi Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, PORDA dan PEPARDA merupakan ajang multi event sebagai wadah unjuk prestasi atlet DIY yang digelar setiap dua tahun untuk mempersiapkan atlet potensial yang dapat berlomba di event-event nasional seperti PON XXI dan Peparnas XVII tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

 

Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto mengatakan bahwa dalam pelaksanaan PORDA XVI PEPARDA III DIY 2022 kali ini, terdapat 44 cabang olahraga yang dilombakan. Sedangkan untuk PEPARDA III DIY melombakan 10 cabang olahraga yang memperebutkan 494 medali emas. Adapun total atlet yang berpartisipasi sebanyak 3.649 orang untuk PORDA XVI DIY dan sebanyak 335 orang untuk PEPARDA III DIY.

 

Yoga mengatakan bahwa saat pelaksanaan PORDA XVI PEPARDA III DIY 2022, dirinya mengikuti cabor hockey indoor. “Kebetulan cabor yang saya ikuti itu hockey indoor, saya main di tim hockey indoor putra Sleman,” ujar Yoga.

 

Selain berbekal motivasi ingin menjadi juara di PORDA tahun ini, Yoga mengaku jika ia juga ingin mewujudkan impiannya untuk dapat bermain bersama pelatih di PORDA 2022. “Makanya tujuan lain saya main di PORDA juga itu karena ingin main langsung sama dia (pelatih) dan akhirnya tercapai impian pertama saya bisa main sama pelatih di PORDA tahun ini,” ungkapnya.

Menurut Yoga, salah satu hal yang menjadi tantangan selama pelaksanaan PORDA adalah ini pertama kalinya dia mengikuti PORDA dan harus bisa terjun langsung ke lapangan serta berkomunikasi langsung dengan orang-orang yang sudah main hockey lebih lama dari dirinya.

 

Ia mengatakan, “Tantangannya, mungkin karena ini saya baru pertama kali mengikuti PORDA yang dimana ini adalah event tahunan. Selain itu, saya kan main di Tim Sleman jadi otomatis atau bisa dibilang masih junior lah dari senior-senior saya yang lain.”

 

Yoga mengaku sangat bahagia dan bangga ketika berhasil menang dalam PORDA kali ini. “Perasaannya, tentunya sangat bahagia, bangga, terharu juga pas pertandingan terakhir menang, soalnya kita Tim Sleman tanpa sekalipun kalah. Jadi, ya itu, karena pertama kali saya ikut PORDA juga dan langsung bisa menyumbangkan emas buat Sleman itu sih yang buat berkesan.”

 

Ia kemudian melanjutkan, “Saya persembahkan juga medali emas buat orang-orang terdekat saya. Untuk teman, untuk jurusan teknik perminyakan, dan terutama untuk keluarga saya,” imbuhnya.

 

Terakhir, Yoga berharap semoga hockey khususnya di daerah DIY semakin berkembang dan bisa bersaing dengan daerah-daerah lain misal Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan sebagainya.

Previous Next