Ikuti Aturan PPKM Darurat, Peserta Ujian Tertulis UPN Veteran Yogyakarta Kerjakan Soal Dari Rumah

  • Jumat 02 Juli 2021 , 02:21
  • Oleh : Dewi
  • 3465
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Yogyakarta (SL)-Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Juli 2021 secara resmi mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat se-Jawa dan Bali, mulai tanggal 3 sampai dengan 20 Juli 2021.

Menyikapi regulasi pemerintah ini, Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Dr.Mohamad Irhas Effendi, M.Si, mengambil langkah untuk menunda pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) Jalur Seleksi Mandiri (SM) di lima kota yaitu Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Tegal dan Madiun.

“Namun para peserta tidak perlu kuatir, sebab ujian yang sebelummya direncanakan akan dilaksanakan secara luring atau offline selama 2 hari, Sabtu dan Minggu 3 dan 4 Juli 2021 ditunda pelaksanaannya menjadi tanggal 17 dan 18 Juli 2021 secara daring atau online,” ujarnya, di Kampus UPNVY, Jalan Padjajaran, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Kamis 1 Juli 2021.

Penyelenggaraan UTBC diubah menjadi Ujian Computer Base Test (CBT) secara online, yang dilaksanakan dari lokasi domisili masing-masing peserta.

Kebijakan ini juga diambil oleh Rektor UPNVY dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 39/SE/VI/2021 tentang Penundaan Sementara Kegiatan Yang dapat menimbulkan Kerumuman di lingkungan Pemerintah DIY dalam masa Pandemi Covid19.

Keputusan penundaan UTBC diumumkan secara resmi oleh Rektor sesuai Surat Edaran Nomor. 28/ UN62/SE/2021 pada tanggal 1 Juli 2021 tentang Penundaan dan Perubahan UTBC Program Sarjana UPNVY Tahun Akademik 2021/2022.

“Teknis penyelenggaraan Ujian Computer Base Test (CBT) akan diinformasikan pada tanggal 13 Juli 2021 di laman pmb.upnyk.ac.id,” ungkapnya.

Dr Ir Suharsono MT selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVY menuturkan, para peserta yang sudah mendaftar secara online dan memiliki kartu peserta UTBC akan mengikuti ujian CBT sesuai waktu yang ditentukan.

“Karena teknis pelaksanaan UTBC dan CBT berbeda maka ketentuannya ujiannya akan berbeda. Peserta nantinya akan mencetak kartu test yang baru. Ketentuan dan syaratnya dapat dilihat di website,” imbuhnya.

Penundaan ini, kata Suharsono, sebagai upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19 mengingat kondisi Pandemi di DIY dan daerah lain di Indonesia angkanya meningkat tajam.

“Peserta kami harapkan memperhatikan ini dan selalu memantau perkembangan informasi lebih lanjut mengenai hal ini di laman pmb.upnyk.ac.id,” terangnya.

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya, pada Penerimaan Mahasiswa Baru UPNVY tahun 2021 tersedia tiga jalur pilihan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM).

Daya tampung Penerimaan Mahasiswa Baru UPNVY tahun 2021 yaitu sebanyak 3.640 mahasiswa dengan perbandingan SNMPTN sebesar 20%, SBMPTN sebesar 50%, dan Seleksi Mandiri sebesar 30%. (Sub)

Ikuti Aturan PPKM Darurat, Peserta Ujian Tertulis  UPN Veteran Yogyakarta Kerjakan Soal Dari Rumah – Sinarlampung