Jurusan HI UPN Veteran Yogyakarta dan Setjen DPR RI Evaluasi Kinerja DPR

  • Kamis 19 September 2024 , 12:22
  • Oleh : Dewi
  • 82
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Kegiatan FDG dan Evaluasi Kinerja DPR RI oleh HI UPN Veteran Yogyakarta

INFOUPNYK - Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menggelar survei kepuasan terhadap kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Survei tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan Badan Keahlian Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, yang dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan ini dilangsungkan di Laboratorium Diplomasi Jurusan HI pada Rabu (18/9). Kunjungan ini, sekaligus menjadi ajang untuk mengevaluasi pelaksanaan fungsi DPR, yang meliputi fungsi legislasi, pengawasan, anggaran, serta diplomasi parlemen.

Kepala Jurusan HI UPN Veteran Yogyakarta, Aryanta Nugraha, S.IP., M.Si., MA, Ph.D, menekankan pentingnya kerja sama ini bagi kalangan akademisi dan mahasiswa dalam memahami lebih dekat proses yang terjadi di DPR RI.

"Terima kasih kepada bapak-bapak dari Setjen DPR RI yang telah berkenan merangkul kami sebagai mitra dalam kegiatan kali ini. Kegiatan ini menjadi sarana yang sangat penting bagi kami, terutama mahasiswa, untuk lebih memahami kegiatan DPR dari aspek legislasi, anggaran, dan pengawasan," ujar Aryanta dalam sambutannya.

Dr. Suhartono, S.IP., M.PP, perwakilan dari Setjen DPR RI, menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah bagian dari evaluasi kinerja DPR di mata masyarakat.

"Kami mendatangi kampus-kampus untuk melaksanakan survei dan FGD, dengan tujuan mendapatkan masukan yang lebih luas daripada apa yang tertangkap dalam survei. Masukan dari akademisi dan mahasiswa bisa memberikan perspektif baru yang berguna untuk menganalisis hasil survei lebih mendalam," ujar Suhartono.

Melalui survei tersebut, Badan Keahlian DPR RI berusaha mengukur sejauh mana masyarakat, khususnya kalangan akademisi, merasakan dampak dari kinerja DPR. Acara utama berupa FGD kemudian menjadi sarana untuk mendapatkan masukan terkait pelaksanaan fungsi utama DPR, seperti legislasi, pengawasan, serta pengelolaan anggaran negara, yang menjadi aspek vital dalam pemerintahan.

Senada, Kepala Jurusan HI UPN Veteran Yogyakarta juga menekankan bahwa kegiatan DPR yang selama ini tampak administratif ternyata sangat vital dalam menjaga roda pemerintahan agar tetap berjalan dengan baik. Karenanya, lanjut Aryanta, acara ini diharapkan mampu memberikan gambaran nyata proses legislasi para anggota dewan.

FGD tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Setjen DPR RI,  Dr. Suhartono, S.IP., M.PP, Drs. Prayudi, M.Si, dan Dr. Ari Mulianta Ginting, S.E., M.S.E. Selain itu, dosen-dosen ahli dari Jurusan HI UPN Veteran Yogyakarta turut memberikan pandangan mereka dalam diskusi ini.

Bertindak sebagai moderator dan pembicara dalam FGD ini, yakni Dosen Jurusan HI UPN Veteran Yogyakarta, Ariesani Hermawanto, Ph.D. Perwakilan mahasiswa dari Jurusan HI UPN Veteran Yogyakarta juga aktif dilibatkan dalam diskusi.

Selepas acara, Suhartono menyampaikan apresiasi kepada UPN Veteran Yogyakarta khususnya Jurusan HI, yang telah memfasilitasi terselenggaranya FGD ini.

"Masukan dari akademisi dan mahasiswa UPNYK sangat berharga untuk evaluasi kinerja DPR RI," tutup Suhartono.

Penulis: Devindra Ghiffary