Komunikasi Wisata Taman Breksi lewat Breksinergi 2016

  • Senin 23 Mei 2016 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 754
UPN VETERAN Yogyakarta

DIY – Taman wisata Tebing breksi sebelumnya merupakan bekas lokasi penambangan batu yang kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata sejak 2 tahun terakhir. Taman breksi sebenarnya memiliki cukup banyak potensi yang dapat dikembangkan. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi adalah melalui Aksi Breksinergi 2016.

Aksi tersebut merupakan gagasan mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” YK dengan melakukan serangkaian kegiatan yang bertempat di tebing breksi selama dua hari yaitu 21 – 22 mei 2016 lalu. Jogja breksinergi merupakan aksi yang digelar berkat kerjasama UPN “Veteran” Yk dengan Dinas Pariwisata DIY,  Lintas Komunitas Istimewa Peduli Pariwisata serta segenap warga Sambirejo. Kegiatan Jogja Breksinergi diawali dengan pengibaran 300 bendera oleh Pramuka Kwara XII dan dilanjutkan dengan Greeneraksi yaitu penanaman 300 pohon hasil donasi 47 Komunitas dan masyarakat peduli pariwisata yang akan dijakdikan sebagai Taman Lintas Komunitas pertama di Indonesia. Acara ini di hadiri langsung oleh GKR Mangkubumi, Rektor UPN Sari Bahagiarti, serta Kepala Dinas Pariwisata Aris Riyanta. “Acara ini sungguh luar biasa, karena Ilkom UPN “Veteran” Yk dapat berkerjasama Dengan Dinas Pariwisata dan Lintas Komunitas untuk mengembangkan taman breksi” tutur Rektor UPN Sari Bahagiarti.

Kepala Dinas pariwisata mengaku bahwa breksinergi merupakan ide yang menarik dan patut untuk di dukung “Taman breksi memang cukup gersang, sehingga adanya penanaman pohon dapat menghijaukan breksi sehingga tidak sepanas ini lagi dan dapat menambah kenyamanan pengunjung dan warga sambirejo nantinya”. Pada malam harinya acara ini dilanjutkan dengan Talkshow bersama GKR Mangkubumi, Kepala dinas pariwisata dan akademisi upn yang membahas tentang peran pramuka, pengembangan pariwisata dan komunikasi lingkungan.

Pada hari ke dua, acara diramaikan dengan Aksi Lintas Komunitas berupa aneka atraksi pertunjukan dan gathering oleh 47 komunitas yang tergabung dalam Forum Lintas Komunitas Peduli Pariwisata yang juga mengikuti kompetisi melukis ditong sampah. Atraksi dan juga pameran ternyata menarik banyak pengunjung untuk hadir. “Breksinergi 2016 ini merupakan ajang bagi teman-teman komunitas untuk beraksi, berkumpul dan bergabung bersama sesuai dengan semboyan Forum Lintas yaitu guyub rukun migunani” tutur Chiprianus tugiyanto selaku ketua Forum Lintas Komunitas.

Berkat kerjasama berbagai pihak maka Jogja Breksinergi ini dapat terselenggara dengan baik. Koordinator Aksi Breksinergi Anisah Ryzqa sangat berterimakasih atas dukungan berbagai pihak, “Saya tidak menyangka ternyata ide bersama teman-teman dapat diwujudkan dengan baik dan bisa berkerjasama dengan Dinpar DIY juga Lintas Komunitas “merupakan pengalaman yang tidak terlupakan”.

Panitia Jogja Breksinergi 2016

CP :

Rikha Manda 0877-3803-0179

jogjabreksinergi@gmail.com

Previous Next