KSR PMI UPNVY Sabet Juara

  • Jumat 29 September 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1495
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Setelah vakum sejak tahun 90-an di ajang perlombaan, Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela (KSR) PMI Unit III UPNVY kembali unjuk kebolehan dalam Wahana Jumpa Prestasi Nasional di Semarang. Pada ajang lomba KSR tingkat nasional perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh KSR PMI Unit UIN Walisongo Semarang pada tanggal 4-7 September 2017 tersebut KSR PMI UPNVY berhasil menyabet juara mengalahkan 10 perguruan tinggi lainnya.

Perlombaan ini meliputi lomba pertolongan pertama, teknologi tepat guna, video jurnalistik, dan speech contest. KSR PMI UPNVY mengirimkan satu regu yang beranggotakan enam orang, satu pendamping, dan satu pelatih. Masing-masing adalah Lomba pertolongan pertama yang diwakili Muhammad Ananda, Dwiky Surya Febriyant, Hasnin Arifiani, Lomba speech contest diwakili Arifa Meira Kinanti, Lomba Video Jurnalistik, dan Lomba teknologi tepat guna diwakii Intan Aisyah. Muhammad Ananda, mahasiswa Prodi Akutansi yang juga salah satu peserta mengatakan pada ajang ini teamnya berhasil membawa pulang dua piala dari Semarang yakni Juara 1 Teknologi Tepat Guna atas nama Intan Aisyah, dan Piala Grade B Peringkat 6 Nasional.

“Kami menampilkan water treatment yaitu alat penjernih air dalam lomba teknologi tepat guna. Kami memanfaatkan arang dan bebatuan yang berfungsi sebagai penyaring air. Alat penjernih air ini dapat dimanfaatkan ketika terjadi bencana,” ujar mahasiswa semester 5 tersebut saat ditemui di ruang Humas Kampus UPN Codong Catur, Selasa (26/9/2017).

Mahasiswa yang aktif menjadi relawan PMI sejak SMA tersebut mengatakan dirinya dan team melakukan persiapan berupa latihan rutin setiap hari untuk menghadapi lomba. Ia dan team sangat bangga dengan prestasi ini, terlebih sejak vakum di ajang perlombaan, prestasi ini merupakan piala perdana bagi KSR PMI UPNVY.

“Terakhir kali kami ikut lomba KSR di UNY namun belum juara. Lomba KSR jarang diadakan jadi ini merupakan prestasi buat kami,” ujarnya.

Ananda menambahkan masing-masing perlombaaan KSR PMI UPNVY juga mendapatan peringkat 5 dalam Video Jurnalistik, peringkat 8 dalam Speech Contest, dan peringkat 9 pada lomba Pertolongan Pertama. Atas hasil ini KSR PMI Unit III UPN Veteran Yogyakarta dengan pendamping Frans Arieston dan pelatih Aditya Triwahyudi telah memberikan sumbangan prestasi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa dan Universitas dalam skala nasional. Kedepan KSR PMI UPNVY menargetkan menjadi juara pertama di ajang KSR tingkat nasional. (wwj/humas)