Studi Banding Cetak Potensi Generasi Muda

  • Jumat 29 September 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1248
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Sebanyak 103 mahasiswa dari Jurusan Teknik Industri UPN “ Veteran” Jawa Timur berkunjung ke Jurusan Teknik Industri UPN “ Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Rabu (6/9/2017). Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding antar universitas yang diselnggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UPNVY. Kunjungan studi banding dengan tema “Kunjungan Universitas sebagai Pembelajaran Studi Banding”, selain diikuti oleh mahasiswa juga diikuti oleh dosen pendamping.

Ketua Panitia Penyambutan Studi Banding yang merupakan Angggota Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UPNVY, Izmalia Yulistya mengatakan kunjungan antar-universitas dinilai sebagai langkah tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman sekaligus praktik nyata sebagai hakikat kompetensi itu sendiri.

“Dunia pendidikan merupakan wadah potensial untuk membentuk kesiapan generasi muda dengan modal kompetensi yang berkualitas,” ujar mahasiswa Jurusan Teknik Industri UPNVY tersebut.

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Kota Tangerang 20 Agustus 1997 mengatakan melalui kunjungan studi banding dapat menambah pengalaman, wawasan, dan relasi. Di samping itu, juga dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar dalam mengaplikasikan teori yang telah diajarkan dan dipelajari di bangku kuliah. Menurut Syafira merupakan salah satu upaya pembelajaran yang dilakukan dengan metode observasi langsung.

“Melalui metode observasi langsung diharapkan akan tercipta pembelajaran yang efektif, sehingga mahasiswa lebih memahami aplikasi teori-teori yang diajarkan selama kuliah”, terangnya. Selain itu, dapat untuk menggali ilmu dan pengalaman bagi peserta, serta menjalin hubungan kerja antara Universitas dan dapat menyeimbangkan pola pikir dan pola kerja yang dinamis. (BMW/fti)