KULIAH UMUM FEB UPNV YK HADIRKAN DOSEN TAMU DARI UNISZA MALAYSIA

  • Jumat 18 November 2022 , 11:46 AM
  • Oleh : Dewi
  • 149
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) menghadirkan dosen tamu internasional dari Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA), Malaysia Dr Suyatno Ladiqi dalam kuliah umum yang digelar, Rabu (9/11/2022).

'Geo- Economics & Geo-Politics in South China Sea and Southeast Asia' menjadi tema yang diangkat dalam kuliah umum kali ini. Kegiatan kuliah umum diikuti oleh mahasiswa Program S1 Studi Ekonomi Pembangunan dan Magister Ilmu Ekonomi.

Wakil Dekan III Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan, Alumni & Kerjasama FEB UPNV YK, Dr.Januar Eko Prasetio, M.Si.,Ak.,CA mengatakan kehadiran dosen internasional dalam kuliah umum akan memberi manfaat baik bagi mahasiswa dan UPNV YK.

Mahasiswa belajar seperti apa keterkaitan geoekonomi dan geopolitik. Misalnya terjadinya suatu ketegangan geopolitik akan mempengaruhi kondisi perekonomian suatu negara, seperti perdagangan, investasi, sampai ke pengambilan kebijakan moneter.

"Mahasiswa mendapatkan banyak ilmu terkait kondisi geopolitik dan geoekonomi di wilayah China dan Asia Tenggara. Sementara bagi UPNV YK dengan kehadiran dosen internasional akan terjalin hubungan baik antar universitas di kancah internasional ," paparnya.

Di dalam kuliah umum ini Dr Suyatno menyampaikan materi tentang konsep geopolitik dan geoekonomi di wilayah China dan Asia Tenggara. Juga terkait perubahan persaingan kekuasaan antara China dengan negara bagian Barat.

Menurutnya ada tujuh instrumen terkait geoekonomi. Di antaranya kebijakan perdagangan, kebijakan investasi, sanksi ekonomi dan keuangan, perangkat siber, bantuan ekonomi, kebijakan keuangan dan moneter, dan kebijakan nasional yang mengatur energi dan komoditas.

Mahasiswa antusias di dalam mengikuti kegiatan kuliah umum ini. Saat sesi tanya jawab terjadi interaksi dan diskusi yang menarik antara mahasiswa dengan Dr Suyatno. Salah satu penanya, dalam kuliah umum mahasiswa Magister Ilmu Ekonomi, Mu’tad. Dia menyampaikan pertanyaan tentang ciri khas dari geopolitik dan geoekonomi di Indonesia.

Previous Next