Kunjungi Filipina, UPNVY Realisasikan Kerja Sama

  • Senin 19 November 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1135
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Sebagai tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sultan Kudarat State University (SKSU) Filipina yang telah ditandatangani 14 Desember 2017 yang lalu, 5 dosen UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mengunjungi kampus SKSU di kawasan Mindanau Selatan Republik Filipina.  Mereka adalah Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si. (Dekan FISIP), Dr. Partoyo, M.P.,Ph.D. (Dekan Fakultas Pertanian), Dr. Mofit Eko Purwanto (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian), Dr. Adi Soeprapto, M.Si. (Sekretaris Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis), dan Dr. Basuki Agus Suparno, M.Si. (Ketua Program Studi MIKOM).

Kegiatan diawali dengan kunjungan sekaligus laporan dan informasi  dari pihak UPNVY dan SKSU kepada Konsulat Jenderal RI (KJRI)  di Davao City mengenai kerja sama antara kedua belah pihak. Pihak KJRI yang diwakili oleh Endah R. Yuliarti Farry sebagai Sekretaris 1 Konsul Bidang Informasi dan Sosial Budaya menyatakan siap untuk membantu implementasi kerja sama.

Kegiatan utama dalam kunjungan ke SKSU adalah memberikan kuliah tamu oleh 3 dosen dari FISIP UPNVY kepada para mahasiswa dari Jurusan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Keguruan dan Jurusan Pariwisata  SKSU. Selain memberikan kuliah, Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si. juga menjadi nara sumber/pembicara pada 1st SKSU International Research Conference dengan tema “Gender Equality in Indonesia: Achievement and Challenge in Security and Defense Sector”.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian Partoyo, Ph.D. menyampaikan topik “Options and Strategies for Development of Farming in Suboptimal Land: Case Studies  of the Central Coastal Area in Yogyakarta”.

Machya yang juga merupakan Dekan FISIP menjelaskan kunjungan akademik ke SKSU untuk memperkuat kerja sama dan jejaring  internasional. Terlebih lagi, dalam kesempatan  kunjungan tersebut juga telah dilakukan pembahasan Memorandum of Agreement (MoA) antara kedua belah pihak untuk segera menindaklanjuti MoU dengan kegiatan-kegiatan akademik, pertukaran mahasiswa, publikasi bersama, riset bersama, dan seminar bersama. (MAD-fisip)