Tiga Dosen UPNVY Isi Kuliah di Sultan Kudarat State University Filipina

  • Rabu 21 November 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1025
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Tiga orang dosen FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mengisi kuliah tamu di hadapan ratusan  mahasiswa dan dosen dari jurusan Ilmu Politik, jurusan Keguruan, dan jurusan Pariwisata Sultan Kudarat State University (SKSU) Filipina. Mereka adalah Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si. (Jurusan Ilmu Hubungan Internasional), Dr. Basuki Agus Suparno, M.Si. Ilmu Komunikasi), dan Dr. Adi Soeprapto, M.Si. (Ilmu Administrasi Bisnis) FISIP (UPNVY).

Bertempat di Ang Magsasaka Training Center kampus SKSU Tacurong City, 3 dosen FISIP menyampaikan kuliah dalam tajuk Lecture Series: A Glimpse of Social Issues in Indonesia. Masing-masing menyampaikan materi sesuai dengan latar belakang ilmu dan riset yang ditekuni.

Dalam kuliahnya Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si. menyampaikan materi mengenai “Gender and Politics in Indonesia”. Hal menarik yang disampaikan adalah sejarah perjuangan perempuan Indonesia di bidang politik, hingga capaiannya saat ini. Dua dosen yang lain: Dr. Basuki Agus Suparno, M.Si. dan Dr. Adi Soeprapto, M.Si. masing-masing menyampaikan materi kuliah  mengenai “Media and Politics in Indonesia” dan “The Challenge of Urban Tourism Development in Yogyakarta”.

Machya yang juga Dekan FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta menjelaskan bahwa kegiatan kuliah tamu tersebut merupakan realisasi kerja sama antara UPN “Veteran” Yogyakarta dan SKSU Filipina yang telah disepakati dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak, bahkan telah diperpanjang pada 14 Desember 2017 yang lalu. Harapannya kolaborasi  program-program akademik yang lain antara UPN “Veteran” Yogyakarta dan SKSU akan segera menyusul untuk dilaksanakan. (MAD-fisip)