MAHASISWA FTI UPN VETERAN YOGYAKARTA RAIH MOST FAVORITE WINNER PADA INTERNATIONAL FAIR: INFOGRAPICHS COMPETITION 2021

  • Rabu 22 Desember 2021 , 12:02 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1347
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Program Studi Teknik Kimia (2020), Puput Yugiani, berhasil meraih Most Favorite Winner dalam International Fair: Infographics Competition 2021. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada 25 Oktober – 6 November 2021. Puput meraih prestasi tersebut dibawah bimbingan Dr. Heri Septya Kusuma, S.Si., M.T.

 

International Fair Infographics Competition 2021 ini merupakan ajang perlombaan infografis yang diselenggarakan dalam rangka mengasah skill partisipan untuk membungkus informasi dalam bentuk grafis. Kompetisi ini menghadirkan tema “Optimizing the Role of Millenials to Solve International Issue” dengan menyediakan beberapa opsi sub-tema, yakni Ekonomi, Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan, dan Politik.

 

Puput sendiri meraih Most Favorite Winner dengan karyanya yang mengambil sub-tema Lingkungan yaitu mengenai Green Chemistry. “Green Chemistry ini berkaitan dengan Sustainable Development Goals yang telah ditetapkan oleh PBB sejak tahun 2015. Lebih lanjut, saya membahas mengenai Ecocatalysis dan Petroleum-Free yang merupakan sebuah konsep atau gagasan baru untuk menciptakan teknologi hijau dan berkelanjutan yang menghasilkan dampak karbon positif yang bersih, serta mengurangi pelarut yang biasa digunakan yaitu petroleum. Ini juga upaya untuk mengurangi penggunaan energi yang tak terbarukan,” papar Puput menjelaskan mengenai karyanya.

 

Puput mengaku dirinya merasa senang telah berhasil meraih Most Favorite Winner, terlebih lagi ini merupakan kompetisi pertamanya. “Saya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada kedua orang tua saya, pembimbing saya, Pak Heri, yang sangat sabar dalam membantu saya ketika mengalami kesulitan, dan semua yang memberi dukungan untuk saya ketika kompetisi berlangsung,” ungkapnya.

Ia berencana untuk mengikuti kompetisi-kompetisi lain di waktu yang akan datang. Ia juga berharap prestasi tersebut menjadi pengalaman berharga baginya dan juga pemacu semangat bagi teman-teman lain maupun adik tingkat.

Previous Next